Devoured - The Lost Kingdom

Artist : DEVOURED
Title : The Lost Kingdom
Format : CD
Year : 2013
Label : Independent/Indogrind
Review : KRISNA BHASKARA
Rating : 8,5 / 10











Menunggu berapa lama band yang berdomisili di Jogjakarta untuk merilis debut album ? 14 tahun !!! Band yang personilnya "all star" ini sudah 'menjajah' panggung/gig cadas di sana-sini termasuk di luar Jawa. Coba tengok, selain Nyoman Sastrawan, sang vokalis yang punya kredibilitas tinggi di dunia per-metal-an Indonesia,ada Safik (gitar) yang juga merangkap sebagai gitaris/vokalis band Gothic asal Jogja, DROSOPHILA. Juga ada Mal Mulyadi ,pencabik bass yang juga menggerinda di CRANIAL INCISORED. Terakhir yang paling muda ,Aldy ,penggebuk drum yang juga bermain di band brutal teknikal Death Metal berbakat , NOCTURNAL KUDETA.Dengan line up seperti ini kurang apa lagi.Mungkin faktor kesibukan masing2 yang membuat The Lost Kingdom muncul setelah sekian tahun.
Karena Sastrawan tidak mungkin mereview CD nya sendiri (Haha), maka saya memutuskan mereview album debutan DEVOURED ini ! Dengan cover keren kreasi dari Bvllart dan lay out yang oke juga (by the way ,struktur wajah Prabu Brawijaya di cover kok agak mirip wajahnya Sastrawan ya hehe), mari kita bersiap siap 'terganyang' musik band ini! The Lost Kingdom ,sebuah album konsep yang bertema tentang kerajaan Majapahit dari era kejayaan hingga keruntuhannya ( bisa dibaca dari linear note di tiap lagu meski dalam bahasa Inggris).
Diawali intro paduan dentuman bass + sampling dimana di tengah tengah nya sesorang 'nembang"(bernyanyi dalam bahasa Jawa) ,ini cukup menarik meski kemudian langsung terganti dengan hajaran Zombie Massacre yang masuk .Saya penasaran hubungan kerajaan Majapahit dengan lagu hit milik DEVOURED ini .
Ngga cuma Zombie Massacre ,lagu bertajuk My Flesh The Spawn tidak tercantum liriknya . Begitu juga Vengeance And Blood dan Religion Epidemic , meski ada linear notes nya , tidak dicantumin liriknya .Bisa kita temukan jika nanti kita sudah lakukan interview dengan DEVOURED !
semua terbingkai dalam 'pembantaian' musikal khas Death Metal : raungan gitar Safik yang sering bermanuver , gempurab blast beat 'darah muda' Aldy , dentuman bass Mal yang'bernyawa' , dan tentunya geraman Sastrawan yang mengingatkan saya pada Dave Rotten nya AVULSED maupun Cosme nya CEREBRAL EFFUSION . Entah kenapa saya merasa musik DEVOURED dekat dengan 2 band ini , meski DEVOURED memadunya dengan elemen elemen brutal death metal ala TXDM. Jadi terasa lebih brutal.
Suasana dari lagu ke lagu semakin lama semakin memberi celah yang sempit untuk bernafas . Sekian lama rentang waktu eksistensi band ini sejak berdiri hingga sekarang makin mematangkan band ini . Rasanya panggung ke panggung makin membuat band ini makin gahar , makin liar , makin brutal! Pesta Brutal Death Metal Indonesia belum usai , malah semakin berdarah darah, dengan kehadiran album DEVOURED!

www.facebook.com/indogrind
www.indogrind.net
send your CD for review to: JL. Srikarya No. 1 | Denpasar - Bali | Indonesia
Devoured - The Lost Kingdom Devoured - The Lost Kingdom Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 3:38 PM Rating: 5
Powered by Blogger.