Avenger - Feast Of Anger - Joy Of Despair



Artist : AVENGER
Title : Feast Of Anger - Joy Of Despair
Format : CD
Year : 2009
Label : DEATHGASM RECORDS
Review : KRISNA BHASKARA
Rating : 9,5 / 10

Album ini seharusnya di review sebelum review album AVENGER "Bohemian Dark Metal"(tahun 2012), Tapi tidak apa apalah, sesuatu yang belum pernah didengarkan/disimak adalah sesuatu yang "baru", ya nggak? Dirilis tahun 2009, album ini berselisih 6 tahun dengan album sebelumnya, "Godless" (2003, mestinya banyak progress selama itu. Dan itu nampak nyata pada kualitas produksi rekaman (yang kemudian disempurnakan di album ke lima "Bohemian Dark Metal")
Memuat 9 track bernafaskan Death/Black metal khas AVENGER (yang kemudian di album berikutnya mereka menyebut musik mereka Dark Metal). Sejak awal kelahirannya, AVENGER kaya dengan riff riff cantik dan ciamik, begitu juga di album ini. saya jadi merenung kenapa band ini tidak dilirik label label metal raksasa. Kembali, mungkin alasannya, mereka menggunakan bahasa Ceko sebagai bahasa lirik mereka. Atau mereka terlalu idealis untuk diatur atur, mungkin!
Coba simak track track seperti Zrozeni Muzy, Jen Pro Tu Dene Dnesi Noc..., Vitriol, dan Deschopen, spin aja CD ini semalaman anda akan temukan ragam riff yang tidak cuman nyaman di telinga,tapi sangat kaya dengan aransemen. Jika shrieking vokal Black Metal membuat anda " Gila" (hehe) ,tidak dengan demikian tarikan suara Honza Kapak yang sangat pas dan tepat mengisi setiap lagu tanpa mengurangi kegarangan nya.
Label mereka mengkomparasi album ini dengan 3 band: pertama, MANIAC BUTCHER, sebuah band Barbaric Black metal dimana Honza juga terlibat. Untuk band ini saya tidak punya referensi /belum pernah dengerin, tapi kalo mengacu ke kata barbaric, AVENGER garang tapi jauh dari kata barbar. Kedua, dengan DISSECTION, saya hanya melihat di lagu Ritual Hnevu dan terutama di lagu Oslave Usteku , yang membuat orang ingat dengan "liukan seksi" riffing gitar maut ala legenda Swedia itu.
Ketiga, dengan MASTER'S HAMMER, pionir/legenda Black metal czech Republic, saya setuju. AVENGER memiliki kemegahan yang setara dengan MASTER'S HAMMER (terutama ditunjang aransemen yang cenderung klasikal, berkelas dan hadirnya timpani/genderang/tambur sebagai salah satu instrumen utama, riffing2 yang ciamik nan memorable, dan penggunaan bahasa ibu sebagai lirik). 2 band ini sama sama klasik.
In the closing, album ini adalah pengeja wantahan dari "Pesta Kemarahan" (Feast Of Anger), dan Nikmatnya Keputus asaan (Joy Of Despair). Go have a feast and Joy !!!

www.facebook.com/indogrind
www.indogrind.net
send your CD for review to: JL. Srikarya No. 1 | Denpasar - Bali | Indonesia
Avenger - Feast Of Anger - Joy Of Despair Avenger - Feast Of Anger - Joy Of Despair Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 3:17 AM Rating: 5
Powered by Blogger.