Evil Circle - Anxiety of th Truth



Artist : EVIL CIRCLE
Title : ANXIETY OF THE TRUTH
Format : CD
Year : 2013
Label : KERETA BADJA RECORDS
Review : KRISNA BHASKARA
Rating : 8,1 / 10

Purwokerto dikenal juga sebagai salah satu lumbung metalheads di Jawa Tengah, lengkap dengan kemunculan dengan sejumlah nama di skena metal, seperti KREMUSH, PERNICIOUS HATE dan tentunya SANTET. Nah, di lingkaran skena kota mendoan ini, muncul satu lagi unit jahat yang bernama EVIL CIRCLE. Mengungkapkan semangat antusias dan kegelisahan, EVIL CIRCLE sempat merilis demo yang ketika sampai ke telinga saya, cukup menarik karena membawa saya kepada kebangkitan metal Indonesia di awal 90-an. Dan demo itu pun tidak berumur lama, karena EVIL CIRCLE dengan semangat antusiasme nya kembali memepersembahkan sebuah karya debut album bertajuk "Anxiety Of The Truth"yang dirilis oleh KERETA BADJA RECORDS yang dkomandani the infamous "AA" battery.

Diawali dentingan piano, EVIL CIRCLE mengawali album mereka dengan track Jiwaku Mati, yang patronisasi vokal nya mengingatkan saya dengan 'standartisasi" yang dipioniri band besar technical Death Metal Indonesia'. Tapi sound gitar nya yang sangat "liat" dan sangat European Death Metal menarik perhatian saya. Sistematika Hidup Dan Mati secara riffing jauh lebih menarik dibanding lagu pertama. Exhibition Of Malicious meski punya break down, tapi mereka "terjebak" di kisaran technical Death Metal dengan modern sound, yang "mewabahi" Death Metal Indonesia. Vonis Binasa diawali puisi yang lumayan bikin merinding, dan memiliki chorus part yang lumayan asyik.

Perang Para Tuhan adalah favorit saya sejak demo mereka, dan sekarang pun di album ini. Agresinya dapet, aransemen pas, lagu terbaik di album ini, bagi saya. Half Man A Dog, sebuah komposisi yang baik dan bagus tapi saya tidak menemukan hal istimewa untuk saya tulis. Truth Behind The Truth, sebuah instrumental yang sangat kental sound European Death Metalnya ,dan menyempilkan bridge nada pentatonik dari perkusi dan flute. Misguided Devotion kembali "terjebak" pattern yang sering digunakan band technical Death Metal Indonesia. Setelah The Confession, Logikatas(Logika Tuhan, Agama Dan Surga) merupakan lagu yang ciamik sebagai penutup. Berdurasi 7 menitan, lagu ini bersama Perang Para Tuhan menjadi higlight album ini. Bahkan saya berpendapat, seharusnya Evil Circle lebih banyak mengolah lagu lagu semacam ini. Bahkan clean vocal/singing dari sang label owner bagi saya hanya bonus, karena secara kesatuan lagu ini utuh untuk mendapatkan rekomendasi. Anxiety Of The Truth adalah pembuktian band "daerah" pun bisa menghasilkan album rekaman yang tak kalah menarik dibanding band "pusat", baik secara materi maupun kualitas produksi.


www.facebook.com/indogrind
www.indogrind.net
send your CD for review to: JL. Srikarya No. 1 | Denpasar - Bali | Indonesia
Evil Circle - Anxiety of th Truth Evil Circle - Anxiety of th Truth Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 6:06 PM Rating: 5
Powered by Blogger.