interview with Mordbrand



MORDBRAND
DEATH METAL GRAVEYARD REVISITED

interview with Bjorn Larsson by Krisna Bhaskara

Swedish Death metal. Kalo kalian sering baca di situs Indogrind.net ini, kalian bakal tahu kalo saya suka banget dengan yang namanya Swedish Death Metal. Tentunya yang old school Swedish Death metal sound. Saya udah interview NOMINON, dan mumpung hawa Swedish lagi hangat hangatnya di sini, mengingat GRAVE bakal tampil di Jogjakarta (23 Maret 2013) dan Jakarta (24 Maret 2013), ditambah isu ENTOMBED katanya juga bakal masuk ke Indonesia tahun ini, sekarang saya hadirkan wawancara dengan band old school Swedish Death Metal bernama MORDBRAND. Setelah saya review MCD mereka "Necropsychotic ", now sekarang mari kita gali lebih dalam lagi tentang MORDBRAND. Interview ini dengan Bjorn Larsson, gitaris sekaligus penggagas band ini!!!


KRISNA:
HAllo , Salam dari Indonesia! Sejak kapan unit pembakaran ini diciptakan ?( MORDBRAND= arson = pembakaran )
BJORN :
Hello Krisna! Salam dari Swedia yang dingin (tapi) menyenangkan.Aku dan Johan memulai band ini ditahun 2006 karena kami merasa perlu mengkreasi lagi Death Metal. Kami sudah melakukannya beberapa tahun sebelumnya di outfit bernama HORNED. Kali ini kami mengarah ke sesuatu yang lebih kotoran oldschool sounding, sejak kami mere-discover "permata" 2 lama di koleksi vinyl berharga kami. Well, kami merekam beberapa lagu, ya hanya untuk itu, dan emang hanya itu. Setelah nggak melakukan APA APA dengan band selama 4 tahun, temenku namanya John - yang pernah jadi vokalis EVOKE -pengen bikin split dengan demo lawas EVOKE dan lagu lagu kami. Lalu kami memilih nama MORDBRAND dan split 12" pun keluar . Hasilnya keren, yang membuat kami meneruskan lorong "murderous "ini. (Hey, I know John, I interviewed him for EVOKE interview in my old zine ENEFA. what a coincidence !! Krisna)
KRISNA :
Bisa cerita soal line up ?? masihkah sama dengan yang lama ? paling gak sama dengan yang aku lihat di Necropsychotic mini CD !
BJORN :
Aku yang mengisi vocal sebelum Per gabung. Aku dan Johan suka style vocalnya sejak dia ngegrunt di band yang sekarang legendaris GOD MACABRE. Dia nggak nge vokal lagi sejak itu, so kami tidak berpikir dia suka bergabung dalam gerombolan kami . Well, dalam ketakjuban kami dia mau membantu dan duo pun berubah jadi trio dan MORDBRAND jadi band yang layak. So aku melihat "Necrospychotic" sebagai debut awal jadi ini lebih jauh superior daripada split sama EVOKE.
KRISNA :
Bisa cerita tentang Necropsychotic CD ! Ini rilisan pertama? Bisa cerita soal proses produksi, juga konten CD nya dan sebagainya ?

BJORN :
Well, Itu adalah a EP 6 track berisi death metal 'to the point'. Aku nggak bisa ngomong apa lagi (soal album ini). Dalam benak kami (CD ini) cukup lama juga. Kami merekam dan memiksing semuanya sendiri dan secara produksi, agak terlalu "bersih". Dan dalam hal rasa itu agak lama, mengingat lagu lagu ini dibuat jauh sebelum MCD itu dirilis, dan sejak itu kami sudah merilis sebuah split 10" dengan BOMBS OF HADES (oleh BIFROST RECORDS/CARNAL RECORDS) dan sebuah 7" berjudul "Kolumbarium"(DEATHGASM RECORDS) yang memberi gambaran bagaimana kami sekarang, secara musikalitas. Tapi kami masih sangat bangga dengan"Necropsychotic" dan faktanya respon terhadap album itu sangat sangat positif.
KRISNA :
Musik MORDBRAND jelas sebuah santapan jiwa yang bagus untuk para pelahap old school Swedish Death metal! Kamu setuju dengan hal ini? Bisakah kamu membawakan kami definisi versimu untuk musik MORDBRAND?
BJORN :
YA, Kami bermain death metal terinspirasi oleh rasa "lapar" kepada dewa dewa lama. Tapi aku berpikir bahwa kami membawa 'hal hal' baru ke 'meja' juga. Aku rasa lagu lagu kayak "Deliverance" (dari "Necropsychotic") atau "Let Them Hunger"(dari"Kolumbarium") dapat pada tipical rekaman SWEDEATH ( wow .. istilah baru :) )di awal 90'an. Kami menjaganya agar tetap primitif, tapi kami mencoba menggabungkan segala hal yang pas dengan gambaran gelap dalam tema tema kami.
KRISNA :
Bisa cerita tentang lagu lagu di CD Necropsychotic ? secara musikalitas dan lirikalitas ? Soalnya aku melihat ada satu lagu ditulis dalam bahasa Swedia. Dan juga ada lagu berjudul " Deliverance" dalam koridor Slow ,Doomy Death Metal !
BJORN :
Well, karena Per yang mengerjakan lirik, Aku rasa terserah dia untuk menjawab pertanyaan tentang lirik. Tapi pada dasarnya (lirik) kami to the point dan terutamanya berhubungan dengan tema 'kematian' dalam proporsi epik. Kami sangat gak suka tipe tema gore, tapi lebih suka memfokuskan tema tema kiamat dan simbolisasi di sekelilingnya. Musiknya sendiri cukup melodic tapi brutal. Banyak tampilan d-beat berinfuskan punk yang membuat (musik kami)tetep groovy dan heavy!
KRISNA :
Apa kamu puas dengan hasil akhir dari Necropsychotic ?
BJORN :
Yes. Aku bangga dengan apa yang kami capai dengan rilisan itu, tapi kami mencoba fokus pada usaha usaha kami di masa depan.Rasa lapar itu telah kembali!
KRISNA :
Lalu kamu punya rilisan 7" EP, apa ini dimaksudkan untuk mengisi kekosongan sebelum kalian merilis full length album ? Jika iya, kapan itu (full length album) keluar?
BJORN :
Kami melakukan apa yang kami suka untuk terminologi rilisan. Kami tidak punya kontrak yang memaksa kami melakukan sesuatu dalam kurun waktu tertentu. Kami suka format format kecil karena itu memberi waktu untukmu fokus penuh pada beberapa lagu (saja) dan mengubahnya menjadi.. well.. sebuah kesempurnaan - apapun itu maksudnya. Kami ingin merilis 7", so kami menulis dua lagu baru . Tapi kami sedang merencanakan menggarap full length seharusnya keluar di akhir 2013. Kami baru saja memulai penulisan lagu jadi tidak banyak yang aku bisa ceritakan.
KRISNA :
Ok , cukup untuk sekarang. Kita akan menggali lebih dalam lagi setelah kalian punya full length ... kirim greetings kalian, terutama untuk metalhead Indonesia! metalheads Thank you for digging up again Death Metal from The Graveyard! Cheers!
BJORN :
Thanks alot for the interview! waspada pada vinyl version dari "Necropsychotic" yang bakal keluar dari Chaos Records pertengahan Februari (dan CD di Deathgasm), dan "Kolumbarium" 7" (Deathgasm). Kami juga merilis a 4 track EP segera ! - so check out http://mordbrand.bandcamp.com atau di Facebook page untuk berita tentang hal itu! Hails!
Oke that's it folks ! mudah mudahan ada yang bisa kalian dapatkan selain info tentang band ini !!! Cheers




www.facebook.com/indogrind
www.indogrind.net
send your CD for review to: JL. Srikarya No. 1 | Denpasar - Bali | Indonesia
interview with Mordbrand interview with Mordbrand Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 10:38 AM Rating: 5
Powered by Blogger.