Death Hyperblast Vomit show in Sukoharjo

HYPERBLAST
DATE : 25 NOVEMBER 2012
VENUE : GD BUDI SASONO SUKOHARJO
EVENT ORGANIZER : PERISAI TIMUR/BENANG MERAH PRODUCTION
REVIEW : KRISNA BHASKARA
PHOTOS : COURTESY OF BENANG MERAH PRODUCTION

Cukup lama saya tidak hadir di event musik metal di Sukoharjo sejak tur Bang Your Head 2006. Maka dari itu ketika Eep La Guerra (OBOR SETAN/KRAKEN) meminta saya membantu memandu perhelatan anniversary Paguyuban Metal Makmur (PMM), salah satu komunitas metal besar di Sukoharjo, saya menyanggupinya, karena saya tertarik untuk mengetahui perkembangan scene musik cadas di kota itu.

Event besutan Perisai Timur dan Benang Merah Production ini diberi tajuk HYPERBLAST, digelar di Gedung Budi Sasono pada tanggal 25 November 2012. Venue yang sama pada saat saya hosting Bang Your Head 2006. Cuman bedanya dulu di halamannya, yang HYPERBLAST 2012 di gedungnya.

Saya kurang tahu kenapa event ini dinamai Hyperblast, mungkin merujuk pada headlinernya: DEATH VOMIT, yang tentu memang sesuai dengan karakter musik mereka.

Namun event ini tidak melulu diisi oleh band brutal Death metal. Secara positif, saya berasumsi, HYPERBLAST adalah harapan dari Paguyuban Metal Makmur bisa menghasilkan "Ledakan maha dahsyat" dalam segala langkah dan kreasinya di Anniversary nya ini.

Acara diawali secara runtut oleh beberapa band Sukoharjo/Solo dari berbagau genre (Death Metal/Black Metal, metal) seperti Becasak, Destinate, Moninggar etc.

Beberapa band tampil dan punya persiapan yang bagus, namun ada juga yang menghabiskan waktu untuk setting alat, meski sound system yang dipakai adalah Evergroove yang sudah pasti standard untuk kualitas backline nya.

Yang masuk dalam catatan saya : Ravensteed(Solo), bergenre "metal" cukup berani bermain genre yg bukan kebanyakan band metal sini , Moninggar yang bermain cukup rapi dan tertib karena ternyata stok lagu sendiri baru 3 (ayo bikin lagi), Xenopsyla another slamming Death metal band, yang punya cukup massa untuk menggila di mosh pit. Dan tentunya Kraken, yang gagah dengan Death metal old school yang beraromakan Black Metal (apa karena gitarisnya juga gitaris Obor Setan ??:))

Beberapa luar kota juga tampil seperti Burial, dan Nightmare Of Owl yang cukup rapi bermain Death metal. yang cukup menarik adalah Blueberry From Antartica, yang secara struktur musiknya Death Metal namun secara performa packaging nya seperti modern post hardcore band).

A Hybrid? dont know, yang pasti memancing crowd band satu ini. Acara ini sempat terganggu sebentar akibat ulah oknum (yang bukan metalhead) yang memaksa masuk dalam keadaan mabuk dan kemudian mencari perkara dengan membawa gergaji dan mengancam siapa saja. Orang ini sempat dilumpuhkan mr Doddik Evergroove sebelum secara"heroik" diamankan pihak kepolisian.

Namun situasi ini sempat membuat crowd shock. Dan setelah ada break, band asal Cijantung, Jakarta DEAD CARNATIONS naik panggung dengan kondisi crowd/penonton duduk jauh dari barikade. Sayang memang, padahal DEAD CARNATIONS menggeber Brutal Death Metal dengan sangat mantab. Memang band ini pantas dan layak disign label dan menghasilkan album. sayang penonton masih shock.

Namun suasana berbanding terbalim 180 derajat, ketika hometown heroes yang satu ini naik panggung. Sesuai namanya, OBOR SETAN "membakar" semangat semua orang untuk merangsek menuju barikade, berheadbang dan menggila di mosh pit. OBOR SETAN berhasil meramu Black Metal dengan unsur Thrash metal, bahkan Heavy Metal.

Karena stage manager nya drummer OBOR SETAN sempat terjadi miskomunikasi, ketika saya mempersilahkan STUPID NATION untuk naik on stage. Sedikit jeda dan persiapan , band yang sedang soft launch album barunya ini memanaskan panggung. Dengan kostum wearpack , "corpsepainted" (kayak siapa coba??),

STUPID NATION menggebrak dengan nomor nomor modern metal yang keras dan memancing mosh pit dan publik untuk mengikuti alur musik mereka, apalagi vokalisnya cukup komunikatif. Di satu lagu sang bassist turun ke tengah tengah crowd mengajak "menari" para penonton. Yang pasti, seingat saya, drummernya ampun, mukul drumnya sangat keras!!! catatan bagi saya crowd /metalhead Sukoharjo nampaknya sangat open minded terhadap berbagai sub genre metal.

Usai STUPID NATION, band aset Death metal Indonesia,DEATH VOMIT tampil. Banyak yang bilang DEATH VOMIT jadi band "mahal", tapi kalo meilhat persiapan mereka (dua mobil travello berisi kru dan alat alat seperti head bass/gitar, gitar 2 pasang, bass 2 pasang, 1 set drum gahar nya Roy Agus, bahkan bawa channel mixer sendiri) , menurut saya itu menjadi harga yang pantas. Ini belum bicara kualitas performa DEATH VOMIT di panggung.

Malam itu DEATH VOMIT menuntaskan pagelaran HYPERBLAST dengan sempurna. Ini adalah salah satu penampilan DEATH VOMIT terbaik yang pernah saya saksikan. Saya sempat merasa vokal Sofyan Hadi ada kekuranganya meski tetp di poin 9. Belakangan setelah hanging out dengan mereka di backstage aftershow, baru terjawab ternyata ia sedikit mengalami gangguan karena panas nya suasana venue. Tapi tetap saya bilang ini salah satu penampilan terbaik DEATH VOMIT yang pernah saya saksikan! Kurang mereka cuma satu , album baru (halllloooo Sofyan, Roy, Oky, kapan nih hehehhe) To close this , Happy anniversary Paguyuban Metal Makmur ! makin makmus band bandnya, metal heads nya, dan juga event event nya! SUKSES!

www.facebook.com/indogrind
www.indogrind.net
send your CD for review to: JL. Srikarya No. 1 | Denpasar - Bali | Indonesia
Death Hyperblast Vomit show in Sukoharjo Death Hyperblast Vomit show in Sukoharjo Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 11:54 AM Rating: 5
Powered by Blogger.