Nominon - Monumentomb

Band : NOMINON
Title : Monumentomb
Format : CD
Year : 2010
Label : DEATHGASM Records
Review : Krisna Bhaskara
rate :10/10

"Dibesarkan" oleh Swedish Death Metal era 90'an, ketika menemukan band band dengan sound Swedish Death pasti membuat saya bersemangat, bahkan manakala band itu grade-nya kategori kelas 3.
Tapi NOMINON bukan band grade 3, mereka pantas berada di jajaran elite Swedish Death Metal (the true ones, not Gothenburg style sound).
Ini album ke empat dari band ini. Dibuka dengan Mantra Reverse, telinga saya langsung merasakan addict yang sangat.
Death Metal aggressive, dengan sound/tone guitar tebal khas Swedish, meski tidak setebal pendahulunya (ENTOMBED, CARNAGE).
Tapi sangat berpadu padan dengan vokal Erik Sahlstorm yang sangat "jahat".
Dan satu lagi, ciri khas Swedish Death Metal, meski sangat kasar, aggressive, lagu lagunya pasti catchy. Demikian pula dengan NOMINON.
Setelah sedikit bermain mid beat di Archfiend, NOMINON kembali memperlihatkan "jahatnya" di lagu Undead Beast, sebuah lagu yang versi saya adalah highlight album ini.
Sebuah lagu yang sangat anthemic /sing a long yang sangat catchy tapi tetep 'evil'. Mungkin saking asyiknya lagu ini, sang produser Tore Stjerna turun tangan menjadi vokalis utama di lagu ini.
Tore Stjerna adalah pengelola Necormorbus studio yang terkenal itu dan eks -WATAIN. Kelar lagu Undead Beast , Erik Sahlstorm kembali melanjutkan tugas memantrai lagu lagu jahat NOMINON (Kevorkian Exit, Omen, Mountain Of Hate, Worm dan Worship).
Apa yang "keluar" dari 4 Swedes (plus vokalis vokalis tamu ) sungguh seolah menjadi"pertanda" kebangkitan true Swedish Death Metal.
Pantesan saja label mereka menyebut NOMINON "Harbingers Of Total Death"!
Pada Mountain Of Hate, Erik mengubah karakter gruntnya menjadi gaya mengomel seperti Mille Petrozza (KREATOR) sehingga lagu ini terasa thrashy sekali, namun tetep jahat dan penuh kebencian. Memang NOMINON setara dengan dua kata itu.
Bahkan itu ada pada lagu Worm , yang secara harafiah bercerita tentang "cacing ", dan hal hal buruk yang ia miliki.
Setelah lagu Worship yang gak kalah asyik dengan Undead Beast, album ini ditutup dengan lagu Wrath Of Shiva dengan vokal tamu Johan Thornberg yang punya karakter vokal low dan heavy.
Tidak banyak album Death Metal yang "jahat', penuh kebencian bisa so catchy seperti Monumentomb so the choice is yours ....
Check out my upcoming interview with them in this webzine....

www.facebook.com/indogrind
www.indogrind.net
send your CD for review to: JL. Srikarya No. 1 | Denpasar - Bali | Indonesia
Nominon - Monumentomb Nominon - Monumentomb Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 3:06 PM Rating: 5
Powered by Blogger.