Interview with Nominon

NOMINON HARBINGERS OF TOTAL DEATH NOMINON, mungkin di antara kalian adalah nama yang asing, beberapa di antara kalian yang “die hard “ adalah sesuatu . Band Swedia yang bermain totally old school Swedish sounding death metal, sudah ada sejak 1993(ha!).
Karena saya kesengsem dengan album Monumentomb, maka saya pengen menggali lebih dalam lagi tentang band “jahat” ini. Beruntung Perra Karlsson (drums) dan Anti Christian (Guitar) bersedia berbagi hal hal jahat tentang NOMINON.. here what the demons said arrrgh...

Krisna:
Sudah ada sejak 1993, bisa berikan kita deskripsi pendek tentang perjalanan panjang karir NOMINON!
Perra Karlsson:
band ini dimulai tahun 93 sebagai sebuah duo oleh Juha Sulasalmi dan Peter Nilsson. Selama 90-an beberapa demo disebar di underground dan pada tahun 99 debut album "Diabolical Bloodshed" akhirnya meluncur. Sejak saat band mengalami perubahan line up beberapa kali dan merilis 4 album lagi termasuk yang paling baru “The Cleansing", pernah tur Eropa dan Amerika Utara beberapa kali. Secara basis terus bekerja ...
Krisna:
Kalian datang dari Swedia dan main Swedish Death Metal. Menurut pendapatmu, seperti apa Swedish Death Metal secara spesifik? Dan dalam terminologimu sendiri seperti apa kalian mendefinisikan musik NOMINON?
Perra K :
Aku akan surprise kalau ada yang bilang kalo NOMINON gak main Death Metal?! Maksudku, itu yang kami mainkan, meski sebenernya kami sangat mengapresiasi untuk mem-variasi style Death Metal kami dengan jejak Thrash, Black, Speed dan Doom, tapi pada akhirnya kami adalah band Death Metal, titik.
Anti Christian :
Swedish Death Metal ya sekadar Death Metal dan ada beberapa band bagus dan yang benar benar jelek. Secara pribadi Aku nggak peduli dari mana asalnya asal itu (band) bagus. Aku tidak bisa menggambarkan (musik) NOMINON, itu hanya Death metal yang kita mainkan dengan cara kita. Kami tidak memiliki sound seperti tipikal "swedish" sound meski beberap kritikus mengatakannya, tapi aku rasa mereka tidak menyimak (musik) yang akan mereka review. Mereka hanya mengasumsikan assume kami seperti semua band band Swedish lama hanya karena faktanya kami berasal dari Swedia.
Krisna:
Kalian eksis sejak 1993, tapi Monumentomb adalah rilisan kalian ke 4, bisa kalian berikan deskripsi diskografi band kalian. Hampir selama 20 tahun, kalian hanya punya 4 album full length, apa kala itu kalian dalam masa sulit sebelumnya sehingga kalo dihitung kayak 5 tahun sekali hanya satu album. Apa itu disengaja ?
Perra K :
Ya, Kami melakukan semuanya dalam tujuan, kami sudah mencanangkannya sejak dini. Coba bayangkan! Seperti yang aku sebutkan sebelumnya, debut album meluncur tahun 99, dan sejak itu kami punya total 5 album. Tidak banyak band yang mengawali karir mereka dengan merilis album debut di tahun tahun awal karir mereka, ya nggak ? jadi kalo kamu memikirkan fakta bahwa debut album muncul pada tahun 99 dan sekarang 2012, dan dengan 5 album keluar dalam 13 tahun, itu artinya NOMINON pada dasarnya merilis album setiap 2,5 tahun. Dan itu, hal yang hanya dipikirkan orang yang kurang kerjaan. Maksudku, apa masalahnya kalau band merilis album setiap 10 tahun sekali, selama album itu (album) yang bagus dan kick ass. Kami sudah merilis 5 album dan kami bangga akan hal itu, jadi kalau kamu pengen mengkalkulasikan dan konsentrasi berapa banyak album yang kami hasilkan selama periode 20 tahun, sorry tapi bagiku itu hal yang stupid dan nggak masuk akal. Kalau kalian pengen mengetahui diskografi kami, aku yakin banyak website di internet yang menyediakan info atau list yang kalian butuhkan (dari kami).(well.. ditinjau dari perspektif produktifitas band , proses/kendala dalam memproduksi sebuah album .. my question will make sense ed.)
Krisna:
Bisa diceritakan tentang nama, NOMINON? apa ini dari bahasa latin yang artinya nameless (tanpa nama)? Dan apa alasan kalian mengambil NOMINON sebagai nama band?
Perra K:
Bukan, bukan dari bahasa latin. Itu nama salah satu iblis, polos dan sederhana
Krisna:
Monumentomb adalah album Death Metal yang bener bener keren. Karena aku tidak mengikuti band kalian sejak awal, Progress apa yang dicapai oleh musik NOMINON dibanding album album sebelumnya ...
Perra K:
"Monumentomb" sebagai sebuah album jauh lebih well-played dan lebih intense dalam banyak hal dibandingkan dengan rilisan rilisan lama. Great vocals, killer guitar riffs dan solos, pounding sick drums and bass. Cukup banyak hal yang bisa menjadikanmu “gila”.
Anti Christian:
Setiap rilisan sejak aku masuk, menurutku, lebih aggresif dibanidng sebelumnya dan akan terus begitu. Kebencian di dalam diri kami tumbuh lebih kuat dari menit ke menit dan harus diwujudkan dalam (bentuk) musik kami. Dunia sekitar kita membusuk dengan orang tidak mengetahuinya atau mengangkat tinggi tinggi muka mereka dan tidak mau tahu, tapi kami melihatnya dan (itu) memberi “ bahan bakar” bagi kami untuk menulis (lagu lagu kami)!
Krisna:
Di NOMINON, kalian pakai guest vokalis, dan sampai ada 3 orang!!! Bisa cerita bagaimana terjadinya (hal ini)? Bahkan produsermu menyumbangkan vokal kerennya di (lagu) Undead Beast! Apa sekarang kalian punya vokalis permanen?
Perra K :
Itu terjadi vokalis kami sebelumnya cabut (dari band) kira kira 3 minggu sebelum rekaman dimulai di Necromorbus. Awalnya Juha Sulasami (gitaris saat itu, bassist sekarang) yang akan jadi lead vocals nya di seluruh (lagu di) album, tapi suaranya tidak dalam kondisi terbaik, jatuhnya kami nggak punya vokalis dan kami memecahkan persoalan ini secepatnya karena studio sudah dibooking dan dibayar. I started Aku mulai telpon telpon beberapa temen ke studio, dan berakhir dengan Erik (Sahlstorm, General Surgery) membantu kita dengan (mengisi) 7 lagu di album itu, Johan (Thornberg,ex Insision) mengisi satu lagu dan co-producer kami Tore Stjerna mengisi satu Karena kami rekaman "Monumentomb" tepat 3 tahun yang lalu kami terus bergerak tentunya, dan nggak lama setelah album direkam kami mengaudisi beberapa nama, but pas Henke Skoog bergabung dengan kami, musik kami terasa makin baik dan baik. Saat sekarang rasanya kayak Dia (Henke) sudah bergabung dengan band udah bertahun tahun, so it's all good. Dia mengambil peran sebagai frontman jauh lebih serious daripada (vokalis 2) sebelumnya.
Anti Christian:
Keuntungan buat band ini Perra punya jaringan koneksi terbesar jadi dia tinggal telpon dan orang orang keren ini dan membantu kami. Itu menjadi hal terbaik sepanjang tahun karena faktanya orang orang ini tahu apa yang mereka kerjakan, mereka super professional dan membantu kami menjadikan (album ini)sebagai most evil music possible. Banyak kebencian mengalir dan itu membuat album ini menjadi sangat hebat! Sekarang kami punya the Great Henke pada vokal dan dia melengkapi band ini baik dalam level musik maupun personal.
Krisna:
Antara Erik Sahlstorm, Tore Stjerna, dan Johan Thornberg (semua guest vocalist kalian), saya mendapati mereka semua (dengan gaya masing masing) pas untuk lagu lagu nya. Secara pribadi, karakter vokal mana yang kamu inginkan untuk merepresentasikan musik NOMINON? dan hei, bahkan Erik Sahlstorm meng-growls kayak Mille Petrozza dari Kreator pada lagu Mountain Of Hate!
Perra K :
Kami coba mengambil Erik sebagai anggota band permanen, tapi karena dia di GENERAL SURGERY, CRUCIFYRE dan lain lain, Dia bilang ke kita dia tidak bisa komit untuk waktu yang dibutuhkan di NOMINON juga. Paling tidak dia ngomong itu ke kami daripada janji ke kami sesuatu yang tidak bisa jalani dalam waktu yang lama, banyak pujian untuk dia tentang hal itu. Henke itu sempurna buat kami, jadi rasanya “killer” bersama dia sekarang ini. Dengerin aja single terbaaru kami atau album baru kami dan kamu bakal menemukan dia seorang “beast” dibalik mic.
Krisna:
Omong omong, bisa disharekan line up terkini? Apa kalian menemui kesulitan membuat Line up nya steady?
Perra K :
Kami sudah memilik line up sama lebih dari dua tahun, aku di drums, Juha di bass, Henke di vokills, Anti Christian di guitar dan Alex di Lead guitar. Yep, NOMINON beberapa kali menghadapi isu tentang menemukan anggota yang pas yang bertahan di band, dan aku rasa aku diserahi tanggung jawab saat paling tidak saat 3-4 anggota band keluar sejak aku masuk. Aku nggak bisa bergaul dengan baik dengan orang orang yang bergaul baik dengan ku, atau nggak mau bermain Death Metal dalam hal ini.
Anti Christian:
Band ini memang isinya tentang pergantian line up, kami ingin seluruh dunia menjadi bagian dari band ini , ketika mereka pergi kami akan mengkontrol mereka seperti boneka boneka, kami ingin memiliki dunia ini sebagai tentara zombie kami dimana kami rajanya dan mereka budaknya. Mengeringkan energi dan ide ide mereka, kemudian menendang mereka keluar biar mereka mengembara tanpa henti membawa perintah perintah kami sesuka kami!
Krisna:
Membuat album album kalian direkam di Necromorbus studio dengan Tore Stjerna adalah pilihan tepat , karena kalian berhasil menghasilkan musik yang raw ,agressive tapi dengan sound yang keren dan evil. Bisa cerita bagaimana kalian bekerja sama dengan dia.
Perra K :
Aku kenal sejak sekitar 96-97 an, so kami ini kawan lama. NOMINON sudah membuat 3 album bersama dia dan untuk yang terbaru ini "The Cleansing" kami memutuskan untuk kembali ke basics, merekam album ini di sebuah studio lokal yang sangat kecil disini di Jönköping, Swedia, yang dimiliki dan dikelola oleh seseorang yang bernama Robban Ericsson. Dia ini temen lamanya Juha. Kami sangat sangat puas dengan album album yang kami buat bersama Tore di NECROMORBUS, tapi kami ingin sedikit perubahan kali ini, plus ini sangat edukasional bagi kami (paling tidak untukku) terlibat banyak dalam (proses) actual recording dan tidak hanya memikirkan effect apa yang mau kami butuhkan untuk setiap instrumen, ini seperti kami harus fokus pada apa yang sedang kami kerjakan sepanjang waktu, dan kami “in charge“ 100%.
Anti Christian :
Kami datang dengan lagu lagu kami, Tore membawa ‘cambuk”, “menghajar” kami setiap lagu, lalu menuang garam di luka luka kami dan membuat kami melakukannya lagi, lalu dia “mengencingi” muka kami, ”mencambuk” kami dan kami mulai lagi dari awal sampai kami kehabisan bujet rekaman. Tore seorang pro sejati, one of the best. Too good for me.
Krisna :
Update apa yang bisa kita dapatkan dari markasnya NOMINON? album baru yang segera meluncur? tur dominasi dunia?
Anti Christian :
Album baru segera meluncur dan semoga ada yang pengen menyaaksikan kami live dan menggelundungkan sebuah tur. Kami dalam posisi stand by yang konstan untuk melakukan tur, itu yang paling diinginkan kami semua. So semoga kami bisa meneruskan perjuangan untuk dominasi kotoran dunia yang disebut umat manusia.(By the way, “The Cleansing” sudah beredar sejak 31 oktober tahun ini .ed)
Perra K :
Dunia apa untuk didominasi? This world fucking sucks. Kami tidak ingin medominasi dunia terkutuk ini, kami ingin menghancurkan dunia, membencinya, membakarnya, fuck it. Album baru "The Cleansing" cukup jelas menjelaskannya semua, bersihkan semua kotoran, dimanapun dan siapapun. Fuck all religious nonsens, just slay them all. Death Metal.
Krisna :
Bicara soal tour, kayaknya NOMINON suka touring. Mana yang paling mengesankan? mana yang “ sucks”? Ada tempat tempat yang sangat kalian inginkan datangi dan bermain (di sana)?
Perra K :
Semua tur bagus untuk kami. Gak masalah jika 20 orang atau 2000 orang nonton, rasanya sama. Kami sangat berhasrat bermain Death metal, dan itulah sebabnya kami memanage bertahan lebih lama. Kami tidak di label besar, kami nggak punya distributor raksasa, booking agency atau manajemen yang membantu kami. NOMINON itu sebuah band underground dan begitu seharusnya. Selama kami masih menyukai apa yang kami kerjakan kami akan terus ada, itu basic fact nya.
Anti Christian :
Kami pasti suka touring. Secara pribadi aku lebih memilih tempat tempat dimana mereka telah mencapai sebuah progress sejak awal dan contohnya punya hal ajaib yang bernama toilet .... dengan ring! (hahaha..ed) Serius nih, aku pengen pergi ke tempat dimana orang enjoy dengan death metal dan support band yang melalui “ neraka” untuk melakukan show di depan mereka. Touring bukan sekadar jalan jalan di taman dimana semuanya sudah tersedia buat kamu, banyak hal hal kacau yang terjadi, kami mengeluarkan sejumlah besar uang untuk jalan dan (jatuhnya) hanya akan di tipu, bisa itu promotor atau manajer atau (bahkan) band band lain. Ini dog eat dog dan kami tetap berusaha untuk nice, tur berikutnya kami akan membawa segerombolan criminally insane tangguh untuk mengurusi bisnis ini.
Krisna :
Setahuku, banyak musisi metal Swedia punya band lebih dari 1? Bagaimana dengan anggota NOMINON?
Perra K :
Aku bergabung dengan beberapa band lain, yes. Nggak cuma band Swedia sebenarnya. Yang di NOMINON dan nggak main di band lain cuma AntiChristian dan Juha.
Anti Christian:
Terlibat di satu band sudah cukup bagiku, aku pernah di beberapa band sebelumnya tapi sulit bagiku untuk menjalaninya. Ada di satu band itu sudah terlalu banyak!
Krisna :
Tema lirik apa yang kalian suka tulis untuk lagu lagu kalian ... Aku sangat suka lirik pada lagu “Worm” , karena memang bicara tentang cacing secara “ jahat” !
Perra K :
"Worm" is a cool one for sure. Utamanya lirik kami punya sentuhan Blasphemic dan juga sangat gelap. Cara terbaik adalah mendapatkan album album kami dan baca liriknya, lalu temukan apa yang kami tulis, kamu akan terkejut dan dapat pencerahan.
Anti Christian :
Lirik lirik yang ditulis Daniel lebih memiliki pendekatan filosofi, aku menyukainya tapi sekarang kami lebih pake yang “straight in your face attitude“ karena sekarang lebih dari satu orang yang menulis lirik. Liriknya bisa tipikal tema tema Death metal, tapi seiring waktu berubah di Swedia ini banyak hal hal busuk yang bisa ditulis. Realitas jauh lebih buruk dari lirik Satanic yang paling menakutkan.
Krisna :
satu pertanyaan yang membosankan, sebagai musisi kalian punya artis/band band yang dipuja, bisa dishare kan dengan kita. Oh ya Kalian sudah ada discene lebih dari 20 tahun Bagaimana kalian bisa survive dari dunia yang jahat ini? dan ini yang terakhir, kirim kutukan mu kepada semua metalheads yang membaca interview ini terutama Indonesian metalheads! Thanks Cheers.!!!!
Anti Christian :
AUTOPSY, IMMOLATION, MOTORHEAD, METALLICA, OZZY, RAINBOW w/ Ronnie James Dio ,DIO....... Survive dari dunia kacau di mana ketidak pedulian, kebodohan, dan mentalitas gua sepertinya menjadi hukum baru, kamu perlu bergabung dengan Death Legions Ov Nominon. Kami adalah jawaban permintaan tolong kalian, we are the light of Hell, the Plague of purification.....We are Fucking NOMINON!
Perra K :
Beberapa band yang aku masih enjoy adalah band band klasik seperti MOTÖRHEAD, SADUS, YNGWIE MALMSTEEN'S RISING FORCE, IRON MAIDEN, ROOT, MORBID ANGEL, VIO-LENCE, ZZ TOP, MERCILESS, KING DIAMOND/MERCYFUL FATE, MALEVOLENT CREATION etc etc. Alasan kenapa kami survive adalah fakta bahwa kami keras kepala dan konsisten dengan apa yang kami nikmati /kerjakan dalam ini : bermain Death Metal. Thanks for the interview and support. For further information, merchandise, go check www.nominon.com – Tidak ada masa lalu seperti hari esok . Sekarang sudah cukup mengenal band keras kepala dari Swedia yang konsisten bermain Death metal , so if you’re interested , still there alots of albums on CD/vinyl available from this band , especially their new album “ The Cleansing “.. get berzerk with their evil sounding old school Swedish Death Metal !!!!
www.facebook.com/indogrind
www.indogrind.net
send your CD for review to: JL. Srikarya No. 1 | Denpasar - Bali | Indonesia
Interview with Nominon Interview with Nominon Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 5:35 PM Rating: 5
Powered by Blogger.