Cianide - The Dying Truth

CIANIDE
Title : The Dying Truth ( Re-issue)
Format : CD
Year : 2012
Label : DEATHGASM RECORDS
Review : Krisna Bhaskara
Rating : 8,5/10


CIANIDE, bukan nama yang populer di indonesia. Band cult ini legend di scene bawah tanah Amerika serikat dan Old School Metal International.seperti IMPETIGO , CIANIDE bersama sederet under rated names lainnya telah memaku dalam benak sebagian para old schoolers dunia dengan musiknya .

Ngaku die hard old school tapi nggak kenal CIANIDE maka sekolahnya belum lulus hehe....Tapi jujur, saya pun tahu CIANIDE hanya dari referensi dan literatur literatur, karena saya memang tidak tertarik mencari musiknya di internet. Saya lebih suka cara yang old fashioned dan konvensional.
Maka saya memutuskan untuk membeli re-issue dari album debutan CIANIDE yang dirilis DEATHGASM RECORDS tahun ini. Album The Dying Truth aslinya dirilis tahun 1992, masa setelah Death Metal meledak di Florida. Dulu dirilis oleh Grindcore International, sebuah label Illinois yang juga merilis album pertama BROKEN HOPE. Berbeda pada masanya, CIANIDE 'nyempil' sendirian dengan karakter Death Metal yang old school, pelan, dan heavy crushing. Masih inget? masa itu Florida sedang "bicara" tentang Death Metal, yang ngebut, penuh teknikal (meski kala itu kata teknikal belum popular).
Album The Dying Truth, orang menyebutkannya sebagai sebuah album Death/Doom metal. Di indonesia sempat salah kaprah bahwa Death/Doom metal selalu identik dengan permainan keyboard dan sisipan female vocals. Death/Doom versi US adalah Death Metal dengan pengaruh Doom Metal, dengan tempo yang lambat/sangat lambat dengan riff riff yang "menggalau".
Begitu juga 8 lagu yang ada di album The Dying Truth, semua track memilik riff riff maut yang "menggalau", sangat beracun, setara dengan menenggak sianida (CIANIDE. Dan ini ditunjang dengan growl Mike Perun yang heavy dan crushing. Hanya ada 1 track yang ngebut yaitu 'Human Cespool', itu juga kalo kalian sebut itu ngebut he he..
Selain musik yang beracun, album CIANIDE ini, yang terkenal di kalangan underground metal/scenesters US dari masa ke masa adalah judul lagu yang tidak berurutan secara benar di versi originalnya. Nah di re-issue ini, track listing nya sudah diurutkan secara benar.
The Dying Truth versi re-issue ini juga memuat linear notes yang ditulis oleh Mike Perun, tentang proses pembuatan album The Dying Truth. Suatu catatan yang sangat menarik yang dialami oleh sebuah band Death Metal di era awal 90an saat memasuki proses rekaman. Ini benar benar sebuah album Death/Doom metal "sekarat", pas buat kalian yang mau dig lebih dalam tentang band cult yang bernama CIANIDE, atau tentang musik slow Death/Doom metal US version.
o ya untuk "memperdalam" musik CIANIDE, di album re-issue ini ada bonus tambahan, 3 lagu dari demo 1990 "Funeral" dan 5 lagu dari demo 1991 "Second LIfe", yang pada kenyataan musik CIANIDE kala itu lebih terasa Death Metal nya daripada Doom Metalnya ... terasa lebih aggressive, meski mungkin juga karena kualitas produksi berpengaruh .


 


www.facebook.com/indogrind
www.indogrind.net
send your CD for review to: JL. Srikarya No. 1 | Denpasar - Bali | Indonesia
Cianide - The Dying Truth Cianide - The Dying Truth Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 12:13 PM Rating: 5
Powered by Blogger.