Diabolic - Excisions of Exorcisms

Band : DIABOLIC
Title : Excisions Of Exorcisms
Format : CD
Year : 2010
Label : DEATHGASM Records
Review : Krisna Bhaskara
rate : 9/10

Album ke 5 dari salah satu yang terbaik dari letupan generasi ke dua Floridian Death metal. Saya cukup beruntung mengikuti awal perjalanan karir DIABOLIC, sejak awal demo City Of The Dead (mulai dari format kaset ke mini CD)sampai album Supreme Evil.
Pondasi dan musikalitas mereka yang kuat sebenarnya menempatkan DIABOLIC sebagai the next big thing in Floridian Death scene tapi langkah selanjutnya setelah beberapa album justru mereka mengalami persoalan internal yang cukup berat hingga membuat band ini cukup lama vakum( terutama ketika persoalan legalitas nama band dipersoalkan salah seorang eks anggotanya).
Buat yang baru berkenalan , DIABOLIC bermain ultra speed Death metal yang catchy , dengan kualitas produksi nyaris sempurna khas Floridian Death metal.
Di album Excisions OF Exorcisms , band ini kembali mendisplaykan bagaimana bermain Death metal kecepatan tinggi yang menjadi trademark mereka. Menggamit Juan''Punchy' Gonzales (terkenal dengan hasil produksi rekamannya bersama MORBID ANGEL), banyak hal yang signifikan terjadi dalam proses musikalitas album ini.
Pertama, komposisi terasa lebih balance, dimana di album sebelumnya terasa drumming dari sang Blastmaster, Aantar Coates terasa dominan. Di album ini terasa ada perimbangan yang memuluskan lagu lagu DIABOLIC terdistribusi dengan lebih nyaman di telinga.
Kedua, kualitas produksi album ini dibuat lebih 'soft ' dengan vibe old school yang sangat terasa ( mungkin dengan masuknya Evil Kell (Pessimist) membawa pengaruh itu. Tapi jangan salah persepsi, musiknya tetep dalam koridor ultra fast Death metal, meski ada 1 lagu yang bertempo sedang, yang mengingatkan saya pada MORBID ANGEL era Covenant.
Overall , 9 tracks (8 lagu + outro) di Excisions Of Exorcisms menyuguhkan bagaimana Florida Death Metal sudah kembali ada dijalan yang benar. Ini bukan sekadar nostalgia 90'an , tapi ini produk Death metal masa kini yang akan menjadi bagian klasik di masa depan !
Album ini pas untuk kalian yang "terluka" ketika menyimak album terakhir MORBID ANGEL , dijamin "luka" itu akan sembuh ketika kalian menyimak "Excisions Of Exorcisms" !
Satanic Death metal at blasphemous speeds has returned and claim their throne!!

www.facebook.com/indogrind
www.indogrind.net
send your CD for review to: JL. Srikarya No. 1 | Denpasar - Bali | Indonesia
Diabolic - Excisions of Exorcisms Diabolic - Excisions of Exorcisms Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 6:12 AM Rating: 5
Powered by Blogger.