interview Bvrtan




Berikut ini saya tampilkan wawancara dengan Pak Kades dari Bvrtan.
Bvrtan Adalah band yg terbentuk dari kesurupan nya Pak Kades, Kuli Arit, dan Tukang Pacul di kebon singkong Sukatani oleh makhluk halus yg sering dijuluki Gondoruwo, setelah diselidiki oleh Dukun Sakti setempat ternyata Gondoruwo tersebut berdarah campuran Indonesia & Norwegia Trve, Cvlt, & Un Gay Svkatani Blak Metal…
Bvrtan dengan albumnya yg bertitel “Pemuja Sawah Tebu” Bvrtan diambil dari singkatan Buruh Tani adalah Black Metal terdahsyat di perkebunan Svkatani…

*keterangan: huruf "V" di baca "U"


Nyoman Sastrawan | @indogrind: 01. Selamat Sore mbah Kades, apa kabar?

01. Selamat pagi menjelang siang waktv gvrvn oom Tampan.... kabar baik2 saja walav selalv dilipvti rasa nesv yg berkepanjangan. Dikarenakan harvs menyelesaikan borongan macvlt selama 1 mvsim panen ini.


Nyoman Sastrawan | @indogrind: 02. Bagaimana kabar panen musim ini? Apa ada harapan akan panen raya?


02. Panen saat ini belvm bisa di pastikan hasil dengan baiknya, dikarenakan cvaca yang selalv bervbah2, ibaratnya kita hanya trvs mencangkvlt tanpa tahv kapan harvs sebar benih. Target panen raya kami sebagai Bvrvh Tani saat ini yaitv ingin membvat Negeri Svkatani Merdeka. Kenapa? Nah itvlah kita kadang prihatin akan kebijakan pemerintah RI dari mvlai Kelvrahan sampai tingkat Kepresidenan. Semva tak vbahnya sosok hama wereng yang tinggal di balik simbol beringin terbalik. Dan ini memang sebvah cita2 kami bertiga member dari Bvrtan vntvk memberontak Pemerintah RI melalvi lirik2 yang berbav sayap kiri. Tapi tak apalah toh semva ini hanya karya yang harvs bisa dipertanggvng jawabkan. Bahkan ada forvm BM bvle yang bilang bahwa Bvrtan ini sosok pemberontak para kavm bvrvh tani di negerinya.


Nyoman Sastrawan | @indogrind: 03. Kok bisa Bvrtan? kenapa ga Mvtan kan lebih serem tuh...ada sejarahnya menamai dengan nama Bvrtan?

03. Bvrtan alias Bvrvh Tani. Ide itv didapat dari Gitaris Kvli Arit, sesvai dengan tema band ini, maka kita gk akan javh2 mengangkat sepvtaran ide tentang Agrikvltvral, baik secara praktis di sawah, ladang, kebvn bahkan berbav politik. ya
dikarenakan kita prihatin sekali kenapa kok para petani khvsvsnya kavm bvrvh selalv berada di bawah tanpa pernah menikmati roda paling atas.
Coba bayangkan 1986 Negara RI pernah menjadi negara Swasembada pangan, tapi itv gk pernah bertahan sampai 3 tahvn. Korvpsi mvlai menjalar dari tingkat tengkvlak pedesaan, KVD, Bvlog sampai Menteri Koperasi. Coba saja bayangkan berapa jvta ton x Rp. 1,- itvlah nilai minimvm korvpsi yg harvs dibagi2 ke kroni2 mereka. Kira2 seperti itv Oom Tampan dan sepertinya kami sreg banget dengan nama ini.

Nyoman Sastrawan | @indogrind: 04. Ngemeng-ngemeng Bvrtan sudah punya berapa
albvm?


04. Discography kita bisa disimak di http://www.metal-archives.com/bands/Bvrtan/3540327137
---- EP 1 : Pemvja Sawah Tebv
---- EP 2 : Koperasi Kegelapan
---- EP 3 : Sartinem (Feat. Taake - Norway BM)
---- Split Albvm : Impish (Bandvng BM) + Bvrtan :

Pesta Rakyat Hitam Kegelapan (Derita Tiada Tara Band Kampvng)
--- Fvll Albvm : S a v v a h P e n d e r i t a a n
(rencana dirilis label Malaysia dalam waktv dekat ini *proses etak mencetak)
--- EP 4 : Kvtvkan Gondorvwo Kelvrahan (dicetak dalam bentvk Vinyl 7" sama label Singapore, rencana akhir tahvn lalv dirilis tapi kita harvs sabar menvnggv rilisan tersebvt biar semakin vnyv).

Nyoman Sastrawan | @indogrind: 05. Pernah manggung ga mbah?

05.. Kita sama sekali belvm pernah manggvng Oom. Pernah akhir april 2011 lalv sehabis recording EP 1 (Pemvja Sawah Tebv) kita mav nyewa gerobak dorong bvat pembvatan video klip, tapi ditvnggv2 kok malah gak datang2. karena jvjvr aja svatv saat kami akan mengvlangi ide tersebvt, live concert dengan alat dangdvth dorong. Karena disitv kita akan menghasilkan sovnd yang bener2 TRVE menvrvt kami. Tawaran manggvng banyak banget sampai saat ini, tervtama warga jogja ingin sekali kami tampil disana.

Nyoman Sastrawan | @indogrind: 06. Konsep Bvrtan berbeda dari band black metal biasanya...kenapa kok milih konsep bercocok tanam?wkwkwkwkw...tapi keren banget

06. Seperti yang di vtarakan di atas, terbentvknya Bvrtan dikarenakan keprihatinan kami pada band2 BM saat ini, yang gak javh dari inflvence Dimmv Borgir dan Cradle of Fillth.
Tervs tema2 yang mereka bawakan kebanyakan yang satanic dan serem2. Jvjvr saja ilmv kita gak nyampe mav bawa2 yang satanic. jadi mendingan kita bawa tema2 yang TRVE aja deh sesvai kehidvpan sehari2.
Agrikvltvral BM. Sekali2 kita bawakan OSBM dengan cara kami. Ya jvjvr saja member Bvrtan bvkan aktifis BM kok hihihihkkk

Nyoman Sastrawan | @indogrind: 07. penggemar OSBM macam Dark Throne nampaknya
cocok mendengarkan Bvrtan, setuju ga mbah?


07. Iya vntvk para penggemar OSBM mvsik kami cocok sekali, bahkan lvmayanlah bvrtan bagai tembang kenangan bagi mereka. Dan mengenai karakter vocal sengaja kita nyanyikan dengan apa adanya seperti ini.... nyerocos gk karvan.... TRVE. hahahaha dan kita gak pedvli orang mav bilang mvsik kami seperti apa. Toh inilah karya yg kelvar dari nvrani tanpa harvs dipoles seperti yg svdah2.

Nyoman Sastrawan | @indogrind: 08. Metode latian Bvrtan kayak gimana mbah? kan si mbah lagi nyangkul ladang minyak di Arab sana

08. Kita gak pernah latian Oom tampan, sewaktv pembvtan EP 1 (Pemvja Sawah Tebv), pas saya main kervmah gitaris Bvrtan langsvng di sodorin lagv2 saja trvs saya dipaksa menvlis lirik dan disvrvh masvk stvdio vntvk teriak2 gak jelas. Vgh bengis banget saat itv, tiba2 saja tanpa disadari dalam 1 jam saya bisa menvlis dan menyanyikan semva lagv2 dalam EP 1 tersebvt.
Beres nvlis langsvng masvk, dan entah Gendrvwo mana yang membvat saya bisa kevrvpan seperti ini.

Selanjvtnya EP 2 (Koperasi Kegelapan) kita bvat dengan metoda yang sama.
Kvli Arit dan Tvkang Pacvl membvat mvsik, saya tinggal datang ke stvdio mendengarkan mvsik yang svdah direkam trvs membvat lirik dan menyanyi.

Lvcv jg dari pertama recording konsep vocal gak boleh ada pengvlangan, jadi semacam live saja.... hajar trvssss sampai habis... hihiihkkkk.. Ini dilakvkan awal mei 2011 dalam waktv 3 hari pembvatan EP 2 dan Fvll Albvm.
Nah vntvk yang split sebagian kita ambil materi dari EP 1 n 2 + lagv cover dari Mayhem yang dinyanyikan oleh Kvli Arit. Vntvk EP 3 - Sartinem, itv take vocal direcord di tengah gvrvn disaat saya harvs mvlai pindah ladang cangkvltan.
Mvsik dari band Taake (Norway BM) dan secara resmi kita dapat izin dari manajemen mereka, dan saya tinggal bikin lirik dan nyanyinya saja.
Rekaman cvman pake headset 20 ribvan dengan bantvan software Nvendo... mvsik dikirim oleh Kvli Arit dan saat recording semva di gvide sama Kvli Arit. Ini dilakvkan pada bvlan jvni 2011 dan EP yg sangat melelahkan karena harvs menyesvaikan nada dan lirik. Vgh nesv banget pokoknya....

Nyoman Sastrawan | @indogrind: 09. Oh ya, desa Svkatani itu dimana sih?

09. Svkatani adalah nama pedesaan di daerah kecamatan Cimanggis (mvngkin oom tampan langsvng ingat Anom "Mesvmers" Sickmath - Cimanggis DM) hihihihiikk...
Desa ini svnggvh damai dan banyak memberi inspirasi dan cvkvp banyak lahir band2 seperti Sickmath, 2ncvk, The Titits dll.

http://www.facebook.com/pages/Svkatani-Vast-Noctvrnal-Landscapes/114513458646299
(iya pak dhe, saya tau deh ed.)

Nyoman Sastrawan | @indogrind: 10. Okay mbah begitu dulu nampaknya...next time sambung kembali ^^

10. Svnggvh kehormatan bagi kami warga Svkatani yang telah diwawancari oleh sebvah zine ternama dan ganteng sekalai seperti ownernya...Terimaksiiiih svnggvh lvar biasa Oom....Semoga bacaan ini bermanfaat dan bisa menebar avra kevnyvan tervtama sang owner zine ini, semoga makin awet mvda, makin tampan, sehat2 dan cepet makmvr. (agak lebay nampaknya wkwkwkwkw ed.)
Vntvk para pembaca Indogrind.net semoga bermanfaat dan pesan dari kami Hormati Kedva Orang Tvamv, Rajinlah bekerja, jangan takvt vntvk berkarya, tingkatkan swakarsa dan kemandirian dalam hidvp ini, mencoba menjadi manfaat disekitar lingkvngan ini. Semoga interview ini dijavhkan prahara di antara kita.
Stay Trve ... Stay Vnyv

Nyoman Sastrawan | @indogrind: 11. aiiitttss...sapa bilang udah selesai? kok malahan main pamit aja wkwkwkwkw

11. Edan di gempvr trvs.... bener2 perkasa rvpanya Oom tampa nan vnyv ini... gimana2 apalagi yang perlv disampaikan Oom?

Nyoman Sastrawan | @indogrind: 12. Jika saya simak metode pembuatan lagu dan rekaman itu sama dengan saya mbah, maklumlah Long Distance gini, tau tau disodorin lagu jadi, dan masuk studio ngulik dadakan dengan Nuendo wkwkwkw.... nah waktu proses berlangsung, pak dhe menemukan kendala ga?

12. Nah seperti selama ini so far so good. Dikarenakan saya merasakan enjoy banget di Bvrtan ini, apalagi jadi tvgas sebagai vocal barv kali ini. Kalav nvlis lirik sih sebelvm di Bvrtan sering saya lakvkan. Apalagi ini band BM dan kali pertamanya ngeband BM...hihihikkk. (biasanya dangdut koplo mesti wkwkwkw ed.)
Merasa sreg dan enjoy jadi semvanya cepet teratasi saja. Biasanya saya dengerin lagv 2 kali balikan, trvs nvlis lirik trvs take vocal deh. Inilah proses pas Long distance gini. Dan entah kenapa kok ide2 cepet banget mengvcvrnya, da berjodoh mvngkin Gendrvwo Kantor Balai Desa hahahaha

Nyoman Sastrawan | @indogrind: 13. Si Gendervwo itu siapa pak dhe? wkwkwkw

13. Ooow itv adalah semacam svgesti dari kami, bahwa Sang Gendervwo adalah sosok svmber ide kami, mereka adalah mahlvk halvs dan tidak bisa dilihat dengan kasat mata. Dan saya sendiri percaya itv ada. Sampai kita dedikasikan dalam sebvah lagv yg ada di fvll albvm nantinya, yang jvdvlnya "Cvrahan Hati Gondoruwo Tentang
Kemudahan HPH".... Dan di EP ke 6 jvga kita sebvt nama Gendervwo ini dalam Jvdvl albvm "Kvtvkan Gondorvwo Kelvrahan". Mereka ada dalam sekeliling kita kok....

Nyoman Sastrawan | @indogrind: 14. Ohh begitu ya, wkwkwkw...tapi kok Cvrahan Hati Gendervwo Tentang Kemudahan HPH? bukannya Gendervwo itu semacam mahluk halus berwujud tinggi besar menakutkan yg dipenuhi bulu...*katanya wkwkwkw...

14. Sebenarnya kasta "Mereka" itv dibawah tingakatan manvsia. Dan seharvsnya kita gk boleh takvt akan keberadaan "Mereka". Dan konon cerita, kalav orang2 tva yang mempvnyai ilmv tinggi, biasanya bisa mendengar bahasa dan bahkan tangisan "Mereka", berhvbvng kita ini ini ilmvnya gak nyampe karena banyaknya kotoran2 jadi cvkvp mendengar cerita2 dari orang2 tva terdahvlv. Nah dari sini saya membayangkan kavm "Mereka" yang tinggal di hvtan2 belantara angker... trvs hvtan ditebang dan digvndvli..... Ini cvplikan lirik nya ...."Ribvan tahvn mereka tinggal disitv...
Siapa yang mav menampvng komvnitas mereka...Jutaan gondoruwo yang tervsir akibat HPH..Tidakkah kavpikirkan, bagaimana jika mereka mvrka..
Dan perang terhadap manvsia..Mereka kavm gondorvwo tervsir akibat perbvatan kita..
Tidakkah kav dengar jerit mereka..Mereka merintih siang, pagi malam..
Anak isteri gondorvwo tervsik akibat HPH yang dikelvarkan oleh kolvsi para biro elit politik di negeri kita..
Tidakkah kav dengar mereka menjerit seperti kita semva nasib bvrvh tani"
Emang bvtvh imajinasi yang cvkvp vntvk menangkap makna dari lirik ini.... hihihikkkk dah gila kali saya ya? (ga kok pak dhe, briliant itu...segan ed.)

Nyoman Sastrawan | @indogrind: 15. waahh begitu tooohh,,,jika sepintas sih apa hubungannya Gendervwo sama HPH?? maaf ga tau makna lirik sebenarnya hahaha...salvte salvte...Jika di Bali, kaum mahluk halus begitu di beri tempat tinggal pak dhe... mereka hidup berdampingan dengan manusia disini, :D

15. Nah disini kita pingin mengangkat tema tentang Hvtan2 yang gvndvli oleh Oknvm2 Biadab, karena kita sadar bahwa hasil dari penebangan hvtan kan gak semvanya masvk ke kepentingan rakyat to? Bahkan banyak pejabat2 biadab yang masvk penjara karena hasil dari penebangan hvtan ini. Sepintas sih hvbvngannya sangat erat deh, karena popvlasi "Mereka" banyak tinggal di hvtan2 belantara. Nah klo mereka tergvsvr mav tinggal dimana? Kita perlv mikir lebih dalam lagi, seandainya mereka marah dan menampakkan wvjvd "Mereka" dan memerangi kita...vgh saya pasti kabvr dvlvan deh.... hahahaha
Sebenarnya lagv itv bvat sentilan para biro elit saja sih, biar mereka jg pvnya pemikiran bahwa penebangan dan secara gak langsvng pengvsiran terhadap "Mereka".... tapi berhvbvng hati dan mata mereka tertvtvp ya apadaya? semoga ada anak pejabat yang terkait membaca tvlisan ini dan disampaikan ke Ayahnya... hihihihkkk

Nyoman Sastrawan | @indogrind: 16. Apa iya ada pejabat yang simak? kecuali pak dhe bikin konser tunggal Bvrtan di atas gedung DPR...boleh jadi wkwkwkwkw

17. Hahahaha habis bikin konser trvs kami masvk bvi dengan alasan makar terhadap Pemerintah RI.... oooh svnggvh indahnya.... trvs klo kami masvk bvi anak istri kami mav maka apa? Iya sih klo saya svdah cvkvp kaya dan banyak tabvngan mvngkin mav bakar2 KVD Kegelapan, itv cita2 para warga Bvrtan. Saat ini cvkvp lewat karya2 dvlv deh... Ini jg saya lagi nyiapin Anthem "Jayalah Negerikv Svkatani Merdeka" mav dibikin dvrasi panjang biar yg dengerin pada ngantvk...hihihikkk

Nyoman Sastrawan | @indogrind: 18. waduuh saya malahan ga ngantuk dengerin pak dhe, kesurupan...iya wkwkwkwkw

17. hvahahaha yg bener sekarang pertanyaan ke 17. Wah mvlai kesvrvpan rvpanya oom tampan ini... semoga semkin vnyv deh. mvngkin terlalv panjang dan serivs ya jawabannya?
(padahal pak dhe sendiri yang udah dirasuki genderuwo wkwkwkwkw ed.)

Nyoman Sastrawan | @indogrind: 18+ wkwkwkwkwkw iya pak dhe,,,udah mulai mengejang otot leher nih, nampaknya ada yg nindis wkwkwkwkw

18. Biasanya oom tampan ini otot lain yang mengelinjang.... hahahaha coba lain waktv saya kirim lirik2 Bvrtan deh, biar Oom tahv apa sih misi dari lirik2 yang disampaikan Bvrtan. Klo di tvlis disini takvt kepanjangan dan capek bacanya hihihihkkk. "Bvrtan Adalah Vntvk Para Petani Kegelapan"
(otot lainnya sudah menegang sejak 1921 pak de wkwkwkw ed.)

Nyoman Sastrawan | @indogrind: 19. hahahaha...great pak dhe, betewe Bvrtan harus
pakai Corpsepaint ya? kalau pakai caping aja gemana? =))


19. Maaf Oom tampan telat balas, ketidvran soalnya. Oh iya seandaiya ada tawaran manggvng sih konsep kita gak pake corpsepaint. Kalav caping sih emang dari awal2 svdah kita set seperti itv. Svdah banyak kok Band2 BM yang lain yang memakai corpsepaint dan seram2 banget. Ya kita dandan ala kadarnya seperti oom tampan klo pas sedang berdendang di atas panggvnglah. Mavnya pake kemeja batik atav korpri hahahahaa. Tapi pada intinya penjiwaanlah antara lagv dan gaya panggvng (biarin saja orang pada penasaran kan live kami) hihihikkk

Nyoman Sastrawan | @indogrind: 20. Sudah saya duga sebelumnya, pasti ketiduran wkwkwkw...nah kirain pakai corpse paint gitu kayak image wajah orang di bawah logo Bvrtan wkwkwkw...tp, its okay. justru itu kesannya KVLT KAST wkwkwkw
Yah, sekiranya cukup sampai disini pak de...kali ini benar-benar ditutup deh x))


20. foto yg di logo itv rekayasa sendiri bvatan Kvli Arit. Entah darimana dia mendapatkan foto2 itv. Hahahaha Oke deh Oom Tampan terimakasih atas diberinya cvrhatan dan semoga bisa memberi bacaan yang segar bvat para pembaca Indogrind.net Dan gak nyangka ternyata Oom ini memberondong pertanyaan yang begitv banyaknya. hahahaahaa Svkses selalv bvat Indogrind.net semoga jaya selalv seperti Negerikv Svkatani Merdeka. Dan jangan lvpa pesan kami terkahir bvat semvanya "Hormati Kedva Orang Tvamv" Stay Trve n Stay Vnyv.

Website
http://www.reverbnation.com/bvrtan
http://www.facebook.com/bvrtan
http://www.metal-archives.com/bands/Bvrtan/3540327137
http://www.last.fm/music/Bvrtan


Press Contact
Just Message vs via +6281282139136
Booking Agent
Kantor Balai Desa Svkatani - +6281282139136





www.facebook.com/indogrind
www.indogrind.net
send your CD for review to: JL. Srikarya No. 1 | Denpasar - Bali | Indonesia
interview Bvrtan interview Bvrtan Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 7:42 AM Rating: 5
Powered by Blogger.