Siksa Kubur Melibas Jogja Gigs report




SIKSA KUBUR LIMA BELAS MELIBAS JOGJAKARTA

Saya pernah berpendapat bahwa band berusia lama tidak serta merta menjadikan band itu bagus.
Band berusia lama "harusnya" menimbun catatan prestasi. Tapi tak apalah , semua kan tergantung dari willingness band masing masing.
Untunglah SIKSA KUBUR termasuk band yang rajin mencatatkan banyak achievement selama kurun waktu 15 tahun . Nah dalam momen 15 tahun ini , SIKSA KUBUR menggelar tur 15 Melibas , yang sebenarnya diproyeksikan 15 kota, namun hanya 9 kota yang berhasil melaksanakannya. Tapi itupun sudah pencapaian luar biasa, belum banyak band metal yang bisa melakukannya.
9 Juli 2011 tur ini mampir di Jogjakarta, dan Origin management selaku penyelenggaranya.
Karena bentuknya sebuah event, saya akan ulas performance tiap band yang tampil.
Acara molor karena SK terjebak macet, dan butuh 16 jam perjalanan untuk sampai Jogjakarta. Setelah persiapan awal di set ulang band mulai perform.
Hidrocephalus, band pertama bermain slamming death metal, tren underground saat ini. Insanity, band yang mengejutkan karena bermain di atas standard band band muda , keren. Slave Of Devastate, band yang konon terdiri dari anak anak sma, terlihat masih cari performa. Death Stumble, dengan kemasan technical death metal yang ok namun publik tidak bergeming. Predator, band yang baru aja saya tahu, bermain maksimal, ok juga! Bleeding Suck, dengan death metal 90 an dan solid, cukup menarik!




Deadly Weapon, dengan style terbaru grindcore, not bad but kayaknya crowd lebih akrab dengan gaya bermusik DW yang lama.
Exhumation, semakin kental dengan death metal gaya eropanya, saya suka!
Fadhalius selalu memberi kejutan setiap saya nonton mereka , sayang saya belum dapat demo mereka. Saya penasaran dengan musik mereka, kali ini karena kali ini mereka membawa seorang saksofonis berkostum/atribut Punk (!!!)
Nocturnal Kudeta, band death metal yang solid dan intense, salah satu band berbakat dari Jogja! Whiplash adalah band yang bermain dengan genre old school thrash yang sayangnya hanya membawakan lagu lagu cover, jadi kurang menarik. Beda dengan Metallic
Ass yang memang lagu lagunya di album mereka sudah jadi thrash anthem buat crowd!
Error Brain dari Bandung yang baru pertama kali saya tonton di event ini, crusty grindcore yang pekat!
Orestes, band muda berbakat asal Tangerang, memang tepat diambil Rottrevore Records! sama dengan saudara mereka di Rottrevore, yaitu Catharsis , Orestes bermain death metal yang brutal, intens m technical dengan tempo luar biasa kenceng! Great band !
Cranial Incisored, jangan ditanya lagi, makin matang, dan publik makin terbiasa diajak "berhitung" dengan CI, ha !
Now, the headline, SIKSA KUBUR, banyak dinanti, karena menampilkan 2 personil baru, SIKSA KUBUR melibas setelah intro!
Karena dalam kontesk ulang tahun, setlist yang dibawakan mencakup dari semua album! dan terjawab sudah keraguan, SK dengan personal baru bakal turun tegangannya, tidak terjadi!! Asep/vokal, dan Adit/drums menjalankan tugas dengan baik seiring sejalan dengan dua personil lama , andre/gitar dan ewok/bass ! maaf , mungkin banyak yang membanding bandingkan dengan line up lama, tapi bagi saya, performa SK kemarin itu terbaik yang pernah saya saksikan sampai saat ini!
Repertoar yang keren ( dengan solo gitar etc), sound yang keluar sangat bersih. Dan saya harus bilang , ini show mereka yang sangat agresif tapi sangat terkonsep! Bagi saya show mereka ini, dengan sound yang rapi, bersih, dengan konsep cermat dan menarik dan dipikirkan matang namun tidak meninggalkan keagresifan musik SK, ini mendekati nilai sempurna!
Dan bagi saya, masuknya asep menggantikan Japs ,teranalogi dengan ketika digantinya Lord Worm oleh MIke Di Salvio di Cryptopsy!
Tidak ada yang menjadi berubah ,meski karakter mungkin agak berbeda , SK tetep death metal yang agresif, rapi, teknical, dan memyajikan top nocth metak berkualitas dengan segala aspek ! Have a Blast on your 15th, guys! we need more 15 years to grind :)




picture by Origin

www.facebook.com/indogrind
www.indogrind.net
send your CD for review to: JL. Srikarya No. 1 | Denpasar - Bali | Indonesia
Siksa Kubur Melibas Jogja Gigs report Siksa Kubur Melibas Jogja Gigs report Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 1:26 PM Rating: 5
Powered by Blogger.