Deranged - The Red Light Murder Case




DERANGED
Title : The Red Light Murder Case
Format : CD
Year : 2008
Release : REGAIN Records
Review : KRISNA BHASKARA
Rating : 8/10

DERANGED adalah band 'cult' dari Swedia.Berdiri di awal 90'an ,band yang dimotori Rikard Wermen ini sejak awal berkomitmen pada genre Brutal Death Metal.Sesuatu yang sangat melawan arus di kala itu mengingat kala itu Swedia dan kawasan Skandinavia pada umumnya sedang booming Black Metal. Namun Rikard dan kawan kawannya terus melaju seolah tidak memeperdulikan tren yang ada. Bahkan di kala kemudian di Swedia berkembang "New Wave Of Swedish Gothenburg Sound" atau Melodic Death Metal yang dipelopori IN FLAMES dan kawan kawan , DERANGED tetap bersikukuh dengan Brutal Death Metal dengan tema pembunuhan dan Gore.
Tak kurang 7 album berhasil diluncurkan DERANGED , dan The Red Light Murder Case adalah yang ke - 7 . Dirilis tahun 2008 oleh Regain Records ( label yang dimiliki Per Gyllenback, mantan vokalis pertama DERANGED). The Red Light Murder Case menghasilkan 9 track Brutal Death Metal berkulaitas. Dan khusus untuk album ini , DERANGED secara lirik , lagu pertama dan yang lain berhubungan sehingga album ini sebuah album konsep yang terangkum dalam judul The Red Light Murder Case atau kasus pembunuhan lampu merah ( kawasan lampu merah adalah kawasan prostitusi di Belanda .ed) .
Diawali dengan Watch Me When I Kill , saya cukup terkejut,karena referensi mereka cuma pada Rated X , album pertama DERANGED. Tentu banyak perbedaan besar secara jaraknya 6 album. Pertama, pada sound produksi yang heavy dan superb , kedua secara musikalitas , DERANGED maju dengan pesat , mulai sound gitar yang tebal khas Swedia ,vokal low, understandable yang keren (meski Per Gyllenback cukup memebri mark yang signifikan),aransemen yang variatif di tengah tempo yang ngebut khas DERANGED , dengan breakdown breakdown berbeda , dan lead yang memberi warna ,lengkap dengan grooove-groove asyik.
Rikard Wermen nampaknya membawa pengaruh side projectnya yang defunct , MURDER CORPORATION ke dalam band utamanya DERANGED. Makanya sound drum yang Old School Death terbawa dalam lagu-lagu DERANGED.
Tapi memang DERANGED menandaskan mereka bermain di area Brutal Death/Grind ketka mereka menampilkan Strip Nude For Your Killer.Dan kembali DERANGED menyuguhkan Brutal Death/Grind dengan break, break variatif , menarik dan tidak membosankan.
Dan itulah yang saya temukan terus menerus di tarck track selanjutnya. Dari lagu -lagu medium Death/Grind sampai yang bertempo cepat ,semua disajikan dengan komposisi yang variatif dan tidak membosankan.Namun semua tetap dalam koridor Brutal Death/Grind ala DERANGED . Rekomendasi track : Watch Me When I Kill ,Strip Nude For Your Killer , So Sweet , So Dead dan Death Walks In High Heels. DERANGED sempat vakum di 2008 , tapi bangkit lagi di 2010 dan sudah merilis album baru di bulan Mei 2011 ini dan SIAP MEMBAKAR METALHEAD INDONESIA DI ROCK IN SOLO V September tahun ini!!



www.facebook.com/indogrind
www.indogrind.net
send your CD for review to: JL. Srikarya No. 1 | Denpasar - Bali | Indonesia
Deranged - The Red Light Murder Case Deranged - The Red Light Murder Case Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 10:06 PM Rating: 5
Powered by Blogger.