Malamor - dead To The World

ARTIST : MALAMOR
TITLE : Dead To The World
FORMAT : CD
YEAR : 2004
RELEASE : AMPUTATED VEIN RECORDS
REVIEW : KRISNA BHASKARA
RATING : 8,5/10








Pengenalan saya pada MALAMOR adalah ketika saya dan teman teman dengan band New York ini hanya gara gara T shirt nya dipakai oleh Chris Pervelis ( INTERNAL BLEEDING ).Coba cek foto band pada cover belakang album Voracious Contempt.Adalah Dave Kibler (LIVIDITY) yang membantu saya mendapatkan kontak MALAMOR. Dan ketika saya hubungi , saya mendapat sambutan yang positif dari Ben Kolts ( gitar/vokal) yang mengirimkan demo nya Condemn The Rising . Bahkan sebenarnya
saya sudah melakukan interview dengan Ben , tapi apa daya fanzine saya (EN.EF.A) keburu vakum.
Nah di kesempatan ini saya mencoba mengulas debutan album mereka yang bertajuk Dead To The World. Sebuah album debutan yang berjeda panjang antara perilisannya dengan demo mereka. Dan album ini dirilis oleh sebuah label yang spesialisasinay brutal death metal , namanya Amputated Vein Records dari Jepang.
Diawali sebuah lagu yang merupakan antithesis untuk sebuah lagu natal Joy To The World , yaitu Dead To The World ,sebuah formulasi penuh keagresifan dengan style brutal slamming death metal. Wait ... ini bukan brutal slamming death metal seperti yang dikenal generasi sekarang . Ini Slamming death metal era akhir 90an yang dikenal sebagi brutal slamming death metal NY style. Sebuah Sub genre yang dipropandakan oleh band band brutal death metal asal New York.
Dan pada MALAMOR ditampilkan sound produksidengan sisi agresif , pilihan sound gitar yang kering , dengan aransemen dan pattern slamming death metal yang menegaskan arah dasar musik MALAMOR.Karakter vokal/growl Jason Kolts , sang vokalis , yang cenderung harsh dan kasar semakin membedakan Malamor dengan band lain. Apalagi dalam Dead To The World , MALAMOR mendapatkan kerhomatan dengan tampilnya Frank MUllen ( SUFFOCATION) sebagai guest vokal dilagu ini.
Tentu bukan karena sekadar sesama native New York , kemudian Frank Mullen bersedia mengisi di lagu MALAMOR.Dan kehadiran Frank Mullen semakin membuat "berisi" lagu Dead To The World. Fuckers Like You adalah salah satu track favorit saya di album ini. Menghajar dengan pola pola sederhana namun sangat mencerminkan kemarahan terhadap para backstabbers dan oportunis di scene metal!
Di Track ketiga , Seduced To Fall , MALAMOR kembali menghadirkan guest vokal dan kali ini Rich Nagazawa ( gitaris dan vokalis band brutal slamming death metal NY yang juga gak kalah populer , DEHUMANIZED).Rich dengan karakter vokal yang berbeda membuat lagu ini menjadi semakin brutal. Namun bisa jadi cukup bikin penasaran untuk mengamati mana vokal Rich Nagazawa , mana yang Jason KOlts , mana yang Ben Kolts , sang gitaris yang juga jadi back up vokal!
Track berikutnya , Drowned Only To Be Eaten,satu satunya lagu yang memiliki tema berbeda . Sementara lagu lagu lain cenderung bertema kritik keras untuk agama dan anti social , Drowned ONly To Be Eaten tentang liburan yang menjadi petaka akibat monster buaya raksasa /alligator.
Breeding Impurity , lagu berikutnya kembali menghadirkan Frank Mullen dengan growl khas nya . Kalo yang ini mudah membedakan mana Frank Mullen mana yang Jason Kolts. Frank Mullen memiliki range vokal yang lebih dalam dan tebal , sedang Jason Kolts cenderung growl nya agresif dan raw ...
Keganasan slamming NY style dilanjutkan dengan A Part Of Me ,Bless Me Father , dan dua lagu yang sebelumnya ada di demo Condemn The Rising , yaitu In The Name Of... dan Condemn The Rising ! Semua terkemas dalaam brutal slamming death metal yang orisinil! New York Style bung !
Bahkan untuk menutup album Dead To The World , MALAMOR menjadikan lagu technikal death metal milik DEATH , yang berjudul Suicide Machine , menjadi kental dengan aroma Slamming death metal NY style !!!
www.facebook.com/indogrind www.indogrind.net
Malamor - dead To The World Malamor - dead To The World Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 1:58 PM Rating: 5
Powered by Blogger.