Interview with Kadath

KADATH interview – INDOGRIND.NET
December 2010


Seperti sebelumnya sudah saya utarakan , bahwa saya akan ngobrol dengan Marc Lecrec , bassist KADATH mengenai kebubaran band bagus ini. Meski udah 5 tahun lalu , but here’s the good answers
From Marc , yang sekarang udah aktif di band Jerman lain , SPAWN!!!lengkap dengan foto foto eksklusive nya khusus untuk Indogrind.net
1. Untuk merefresh benak generasi baru , jelaskan sejarah singkat nya KADATH !

Hi Krisna, pertama-tama ,makasih atas ketertarikanmu tuk melakukan interview ini . Sayang sekarang sudah lebih dari 5 tahun Kadath menghentikan grinding madness - nya.

Well, Kadath, waktu itu diawal musim panas 1992 terbentuk dengan nama CATALEPSY. Diriku, saat itu belum terlibat dalam proses penciptaan band ini. Aku terlibat di beberapa proyek musik, meski gak berlangsung lama. lalu, setelah drummernya cabut di awal 1993, Catalepsy reform di musim gugur 1993, dengan aku bergabung 1 bulan kemudian. Itu sekitar November 1993. Dengan formasi baru ini, nama KADATH dipilih, setelah menemukan kata cool ini di sebuah lagu nya “saudara kami” BLOOD. ( BLOOD adalah legenda grindcore dari Jerman .ed.)




Setelah bikin 2 demo kaset – yes waktu itu demo harus dibuat dalam format kaset!! – pada tahun 1994 dan 1995, kami merekam MCD kami yang pertama tahun 1996, lalu full-length pertama pada November1998 dan akhirnya album kedua dan terakhir saat musim gugur 2001.


2. Paparkan diskografi KADATH ! dan tolong kasih komen di setiap rilisan!



Face your Death - Demo 1994
Demo pertama kami direkam oleh seorang teman baik pada recorder 4 track. Kami merilisnya di April 1994 dan terjual 400 kopi. Pastinya, kami sangat bangga sudah merilisnya. Demo itu berisi lagu lagu lama dari era CATALEPSY yang sangat terinfluence Thrash.


Into the eternal depths of sorrow and desolation - Demo 1995
Demo kedua berisi 4 lagu baru. Direkam dengan alat rekam 16-track di sebuah home studio. Musiknya jadi lebih meng-grinding, tapi kami memasukkan juga beberapa elemen melodic. Aku ingat, ketika kami mendengarkan lagu lagunya di studio, kami merasa sound nya mengejutkan semua orang. Ini rasanya seperti mega heavy sound –nya
BOLT THROWER. Betul itu! tapi, begitu kita dapat hasilnya dan menyimaknya di stereo kami di rumah, kami cukup terkejut. Sound hebat itu hilang. Hasilnya sih ok, tapi efek “Hell yes”- nya udah ga ada lagi. Kami berpikir ,what a shit. Tapi, ya udahlah, kami menjual/ men –trade-kan lebih dari 900 kopi. Jadi demo is sebuah sukses besar.



Twisted Tales of Gruesome Fates - MCD 1997
Pada September dan October 1996, kami merekam 4 lagu baru kami di sebuah studio bagus di bunker yang sama – yes, WWII bunker – di mana ruang latihan kami berada. Rekaman ini direncanakan untuk mencari sebuah label dan teken kontrak. So, pertama kami merilisnya sebagai promo tape, dan mengirimkan 250 kopi ke label label, tapi saying nya ga dapat deal sama sekali. Lalu kami memutuskan untuk mengepak lagu lagu ini dalam sebuah MCD. Dan itu adalah keputusan tepat; lebih dari 1000 kopi terjual. Pada saat yang sama 2 label underground (Stuhlgang Records dan Paranoia Syndromes) tertarik merilis kita dalam 7” Ep, so 2 lagu dari MCD dimasukkan dalam 1 split-EP dan 1 lagu pada split-EP kedua.

Cruel - CD 1999
8 lagu full of blasting Death Grind dengan pengaruh KATAKLYSM. Yeah, we merekam yang ini di Stage One Studio dengan Andy Classen (ex HOLY MOSES) pada November 1998. Andy berasal dari kota yang sama dengan kami, so kami memintanya dan dia menyetujuinya. Hal itu merupakan pengalaman asyik dan luar bias kebersamaan dengannya . Sejauh ini , inilah usaha terbaik kami sampai saat ini. CD ini dirilis TEUTONIC EXISTENCE dari Belanda dan 2000 kopi terjual.

Chasing the Devil - CD 2002
Album kedua dan terakhir kami. Yang ini direkam pada Oktober 2001 di Gernhard Studio di Siegburg, setengah perjalanan dari Cologne dan Bonn. (Itu) deket kota Troisdorf, tempat aku tinggal dan bekerja. Terletak 90 km dari Aachen, kota asal KADATH.
Rencananya kami bermaksud rekaman album ini lagi di Stage One Studio. Tapi kami gagal mengatur jadwal rekaman, so kami harus cari penggantinya.
Masteringnya dikerjakan Pluto, pemilik Poserslaughter Records dari Berlin. CUDGEL AGENCY merilis CD ini Mei 2002 dan kami menampilkannya di Festival FUCK THE COMMERCE V. Musiknya lebih beorientasi ke US styletapi tetep punya unsure melodic dan kompenen grinding yang sama seperti rilisan sebelumnya. Menurutku sound nya lebih baik dan berat disbanding CRUEL! – CD. Aspek negative nya cuma CD ini durasi nya terlalu pendek. Secara lirik ini adalah album konsep yang difokuskan pada cerita sekitar pembunuh berantai Andrei Chikatilo dari Ukraine. 2000 kopi juga terjual

3. dengan kata kata mu sendiri , gambarkan musik KADATH !

KADATH itu Death Metal edan, yang chaotic grinding dengan sentuhan melodic and teknikalitas. Sebagai influens utama kami, kami akan menunjuk KATAKLYSM saat periode terbaik mereka sekitar 1995 – 1996, terutama album “Temple of Knowledge”.
Ada yang menganggap kami nggak cukup brutal, yang lain menganggap kami terlalu grinding, jadi KADATH kadang dianggap sebagai Band Grind. Dan ada yang anggap kami, terlalu kompleks dalam aransemen dan lagu lagunya terlalu panjang.



4. Apa highlight bagi KADATH menurut kamu n ?
Highlight kami tentu saat tampil di Festival Fuck The Commerce I dan V, gig di DOUR Open Air di Belgium, gig di Zilina (Slovakia), gig gig dengan Dead Infection, Blockheads & Krisiun, gig dengan ORTH di Berlin, gig di Morbide Festspiele dari Morbid Records dan satu dari gig gig terakhir kami , one bersama SPAWN di Berlin Mei 2004. Saat itu sebuah fiesta yang besar, yeah.
Dan tentu perilisan 2 album kami.

5. Bisa cerita momen momen besar bersama KADATH ! dan moemn yang buruk juga...
Menurutku momen terbesar dengan KADATH saat Fuck The Commerce I tahun 1997. Kami mengalami 3 hari penuh dengan pesta yang total mabuk, ngisep dan kacau. Bener bener fun. Dan kami main sebelum Haemorrhage. That was great!
Pengalaman asyik lainnya adalah perjalanan ke Slovakia bulan November 1997. Kita asyik asyikan dengan Sanatorium, tapi itu juga jadi bencana besar, karena pas malam terakhir beberapa idiot mencuri alat alat kami dari mobil kami. Pastinya itu kesalahan kami, karena kami mabuk berat dan terlalu malas buat ngepak barang kami keluar dari mobil. Tapi ..that’s rock’and roll, hehe.

2002 bener bener tahun yang buruk, karenaErling, drummer lama kami, memutuskan cabut dari band. So, kami tahu saat September 2002, setelah Morbide Festspiele, kami harus cari drummer baru . Sayangnya drummer yang kita tes beberapa minggu sebelumnya tidak seperti harapan kita. Bener bener situasi yang sulit Hanya February 2003, kita baru ketemu orangnya ,namanya, Mike untuk ngedrum buat kita


6. Apa yang mebuat KADATH bubar !
Melanjutkan cerita , drummer baru kami Mike tiinggal 140Km dari kota kami. Dia punya persoalan pribadi , so setelah 9 bulan kami memberhentikan dia. Pada saat yang sama gitaris kami Gesuz cabut , setelah Mockel, gitaris lama kami , cabut dari band ini bulan Agustus. Tinggal aku dan vokalis Holger yang tersisa. Kayaknya bakalan jadi akhir dari KADATH di awal 2004.

tanpa diduga , January 2004, Erling dan Mockel balik KADATH, so kami kembali dalam formasi sama seperti pada tahun tahun paling konsisten dan prolifi yaitu tahun 1996 – 2000. Semua berjalan baik untuk 15 bulan berikutnya. Kami sibuk bikin lagu lagu abru untuk MCD yang direncanakan dirilis pertengahan 2005. 3 lagu udah selesai dan renacana judul MCD adalah“Decline in Four Acts of War”. Sebuah konsep tentang perang di garis depan Russia saat perang dunia II. Apakah kalian akrab dengan judul ini ? Hail of Bullets? ( Hail OF Bullets adalah band death/thrash yang lagi happening di Swedis .ed)Yes, aku sudah punya konsep itu di tahun 2004.
Kami juga beberapa kali manggung di 2004, kami sangat optimis untuk 2005. Lalu muncul pukulan telak. Mockel kecelakaan mobil maret 2005 dan terluka parah. Awalnya , kami semua berpikir , untuk memberi waktu beberapa minggu agar dia bisa sembuh , dan kami akan lanjut. Sayang bulan bulan berlalu tidak terjadi apa apa. Kita tidak tahu kapan Mockel bakal sembuh dan bisa main lagi. Masalahnya dia tidak pernah memberitahu bagaimana kondisinya. Kami makin lama makin frustasi , so bulan Agustus atau September Holger memtuskan keluar . Setelah itu, Erling juga cabut. Jadi tinggal aku sendiri. And that was it.
Kalo kamu nanya kenapa kita ngga cari gitaris baru, jawabnya gampang. Kami tahu kalo line-up ini adalah satu satunya line up KADATH pasti dan mungkin. Kalo salah satu dari kami cabut, berarti ya udah. Dan itulah yang terjadi. Cuma kita tidak menyangka kejadiannya bakal seperti ini!
Tidak adausaha dilakukan untuk ketemu bersama dan mencoba memperbaiki persolan band ini.
So, di akhir 2005, harapan untuk membangunkan kembali KADATH musnah dan aku menyebarkan berita kepada orang orang yang pengen tahu tentang kelanjutan KADATH, kalo band ini udah tidak eksis lagi. R.I.P.


7. Kemana line up terakhir KADATH saat ini ? apa mereka masih main music ?
Holger (growls) nggak gabung di band setelah cabut dari KADATH dan Mockel (guitar), setahuku, nggak ngeband setelah kecelakaan itu. Mereka masih tinggal di kota yang sama, Aachen.
Gezus (guitar) main di satu dua band setelah bubarnya KADATH. Tapi itu dulu, itu yang aku tahu tentang dia. Jadi aku nggak tahu apa dia masih bermusik atau tidak .
Erling (drums) bergabung Punished Earth dari Belgia beberapa bulan setelah bubarnya KADATH. Dia masih main sama mereka saat ini. Fred, vokalis Punished Earth, adalah temen lama Erling dan aku, dan dia adalah seorang Metal & Grind freak sejak pertama.
aku, pindah ke Berlin, 700Km dari Aachen, sekitar Juli 2006. Selama 3 ½ years aku nggak ngebass. 2008 aku coba bikin Funeral Doom Band dan aku mencari orang yang interest main dengan akuaku ketemu 2 orang yang tertarik untuk main, tapi tidak menghasilkan apa apa. Lalu January 2009, SPAWN, Band Death Metal veteran dari Berlin dan temen temen baikku, memintaku bergabung saat bassplayer mereka cabut. Sehari kemudian aku jadi bassplayer baru nya SPAWN. 3 bulan kemudian kami tampil di panggung yaitu Death Feast Open Air. Sekarang aku masih di SPAWN dan aku nyaman di sini. Semoga kami dapat menyiksa orang dengan serangan Death Metal kami untuk waktu yang lama, haha!



8. Ada kemungkinan buat KADATH untuk melakukan reuni?
Sebenernya aku nggak melihat kemungkinan KADATH reuni. Mengingat bahwa aku tinggal sekitar 700 Kmjauhnya dari anak anak , so aku tidak punya kesempatan buat ketemu mereka secara reguler. So, no, Kadath is dead for real.


9. Thank Marc , good luck for the next project!
Krisna, thanks again for your interest and support. KADATH is dead, long live SPAWN.





www.facebook.com/indogrind www.indogrind.net
Interview with Kadath Interview with Kadath Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 10:10 PM Rating: 5
Powered by Blogger.