Marduk live at Semarang



MARDUK LIVE AT SEMARANG
ASIAN BLACK DEATH REDEMPTION TOUR 2010



live report by KRISNA BHASKARA photos by : ARFIAN ANGGI PRADANA



Setelah Klaten semalam sebelumnya digempur oleh BURGERKILL dan DOWN FOR LIFE , saya memutuskan untuk turut serta di rangkaian tur DOWN FOR LIFE di hari terakhir
yaitu menjadi opening act MARDUK , legenda black metal Swedia yang main di Semarang .Suatu kondisi yang tepat mengingat area pantura scene metal nya masih kental
dengan black metal-nya.Saya akan mereview live show nya dari saat saya dateng sampai after show.dengan sedkit catatan unik di event ini.
Karena saya datang bersama Down For Life , maka setelah cek sound kami beristirahat dengan mencari hotel,dan dapat hotel short time yang oke di daerah Gombel ,dengan kamar mewah yang luar biasa hehehe .. cocok buat private party atau cek in dengan selingkuhan hehehe...

kembali ke venue .. sebuah band black metal sedang perform ... awalnya saya tidak tahu siapa mereka . Meski vokalis gemuknya nampak kurang gahar dengan corpse paintnya , namun saya merasakan permainan mereka sangat oke punya. dengan sound bulat , nyaris sempurna untuk ukuran band lokal. belakangan baru saya tahu ini adalah band Singapore dengan 1 personil orang Indonesia bernama DRACONIS INFERNUM.


Saya melewatkan beberapa band termasuk Makam. O ya crowd masih cukup sepi , mungkin baru ada sekitar 200 an orang saja . lalu giliran DOWN FOR LIFE tampil di stage yang didominasi band black metal ini. ini test case kedua bagi mereka setelah jadi opening act EXODUS . tentunya , pertama mereka main di luar kota , kedua crowd scene yang cukup jauh berbeda dengan sering mereka temui.Tapi lagi lagi hasilnya melampaui ekspetasi saya. DOWN FOR LIFE yang sekarang bermain modern metal yang catchy tampil menyakinkan di event ini .Mengawalai dengan dua lagu baru yang belum diberi judul , mereka menarik perhatian crowd yang langsung mengibaskan rambutnya. 2 lagu yang cukup kental dengan nuansa thrash metal ( some parts is very TESTAMENT-y) namun ini tetep konsep modern metal .One Town , One crown digeber selanjutnya dan headbang terus berlanjut . Dan yang berpesta ini bukan berasal dari pasukan babi neraka dari solo dan sekitarnya , karena fans DFL yang turut serta tidak sampai 10 orang.


Menuju matahari lagu balada DFL mendapat sambutan yang biasa saja malahan. Tapi di dua lagu terakhir pesta partai barbar dan pasukan babi neraka DFL berhasil menciptakan circle pit gila gilaan . Di pinggir lingkaran ada beberapa oknum katrok /ndeso yang sok tough guy yang menjulurkan kakinya biar ada yang jatuh. kalo sampai ada yang jadi korban , saya pasti akan ikut turun tangan . namun untunglah semuannya terkendali. berikutnya legenda black metal Indonesia , SANTET tampil . dengan lagu lagu yang cukup dikenali fansnya .Nampaknya ini jadi ajang reuni SANTET dengan fansya.SANTET sempat mengcover lagu favorit band black metal sini dari Iron Maiden , Hallowed Be Thy Name. Budi santet sempat bernyanyi clean vokal untuk lagu ini , lumayan tapi tidak istimewa. Berikutnya , HISTERIA , black metal Semarang yang menurut saya harusnya di bawah band band besar sebelumnya , meski cukup bagus di lagu lagu mereka , namun sangat hancur ketika mereka mengajak Budi Santet menyanyikan ( lagi lagi) lagu Iron Maiden!!! Lagu ini kacau tak karuan gara gara gitaris mereka yang berambut emo (!!!!).sungguh suatu blasphemy merusak lagu Iron Maiden seperti itu he he he Next saya bernostalgia dan ketemu banyak temen di event ini sambil nunggu MARDUK .Rupanya ada sesuatu sehingga lama , silakan baca catatan saya nanti. Begitu MARDUK tampil saya bersama tema menyaksikan dengan seksama . penampilan mereka cukup sangar dan sadis dan brutal. karena saya tidak punya album MARDUK jadi saya tidak tahu lagu lagu yang mereka bawakan . Sound gitar Morgan baru kita rasakan nyaman di lagu ketiga . Devo sang bassist , tidak begitu serem penampilannnya Mortuus cukup mewakili wajah black metal yang sinis dan keji di performance mereka , meski konon ia belum menyamai Legion vokalis sebelumnya . Tapi vokalnya sangat powerful untuk black metal screamingDan menyaksikan Mortuus beraksi memang patut jadi pembelajaran bagi semua vokalis band black metal yang menyaksikannya.Bagaimana tampil seseram seramnya dengan vokal se powerfulnya.Lars menggbuk drumnya juga dengan penuh tenaga. entah berapa belas tembang mereka bawakan , selain saya tidak memiliki setlistnya , saya juga tidak hafal lagu lagunya. Cuman sempat saya denger Mortuus mengatakan kalo mereka membawakan beberapa lagu dari album lama dan itu diperkuat dengan beberapa lagu mereka yang kental dengan nuansa old school black metal al Bathory .Tentu temen temen yang fans berat dengan MARDUK sangat hapal dengan lagu lagu mereka . Beberapa lagu sempat mendapat sambutan luar biasa dari crowd.Dan mereka ikut bernyanyi .


Jujur , saya sempat break 1-2 lagu karena kecapekan , tapi over all saya mengikuti semua setlist sampai kelar . Secara umum saya cukup puas dengan penampilan MARDUK di Semarang , meski untuk memberi nilai sempurna saya tidak mampu.saya telanjur memberi level tertinggi saat ini pada penampilan BEHEMOTH di Jakarta. Tapi show MARDUK sudah menjadi break through bagi scene (black) metal kita.

Sedikit catatan dalam perhelatan ini :

1.Banyak yang mempertanyakan keberadaan DOWN FOR LIFE di event ini. jawabannya adalah bahwa opsi tur MARDUK di Indonesia jatuh ke Belukar Solo tetapi kemudian dilimpahkan ke Revision. dan itu yang akhirnya Revision menawarkan DOWN FOR LIFE untuk ikut tampil di event ini.So wajar kan ! Makanya marilah berkawan dan bersahabat agar kita bisa saling membantu!

2.Saat MARDUK cek sound , Mortuus sempat marah dan minta panitia mengusir orang dengan T shirt berfoto MARDUK. Mortuus sempet menuduh panitia membuat t shirt MARDUK tanpa seizin MARDUK.Dan kemarahan itu berlanjut sampai di hotel , setelah diberi penjelasan itu bukan panitia , dia baru reda.

3.Cek sound cuma satu lagu, entah karena MARDUK puas atau pasrah...yang jelas di Surabaya mereka tidak mau cek sound karena alat alat dianggap tidak standart.Dan yang saya denger Mortuus memecahkan 3 microphone di sana.

4.Menjelang MARDUK perform , kita nunggu cukup lama ,bahkan intro pun diputar sampai 3 kali.usut punya usut , ternyata Lars kehilangan tas berisi stick dan kostumnya ... walah .. panitia kurang waspada... dan dia tidak mau maen kalo tidak pake stick standardnya ( merk Vic firth). Untung dia mau maen setelah dipinjami stick nya Uzil Jayadi(Down For LIfe) ,dengan merk sama pemberian drummer CALIBAN dan DYING FETUS. Uzil juga lah yang melengkapi drum set MARDUK dengaN stan cymbalsnya.

5.MARDUK menggunakan pak Setyo dan Dodik , sound engineer DOWN FOR LIFE , sebagai sound engineer mereka di Semarang.

6.Terakhir , di event ini Host nya cowok n cewek , tapi unik dan menarik adalah host cowoknya , style mengingatkan saya pad Herman Jambujay , MC kondang dari Solo , lengkap dengan glove d dan tatoo tatooan nya !!! yang unik adalah , dia menyebut DOWN FOR LIFE sebagai band black metal dari Solo , dia jadi backing vokal untuk Histeria di back stage , dan terakhir dia mendapat " Shut The Fuck UP !" dari Morgan ketika dia pake mic teriak teriak we want more we want more...

www.indogrind.net
Marduk live at Semarang Marduk live at Semarang Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 6:21 PM Rating: 5
Powered by Blogger.