Death Vomit live Surakarta Death Fest

DEATH VOMIT
Live SURAKARTA DEATH FEST ( Auditorium AUB Solo , 27 November 2010)

live report : KRISNA BHASKARA photos : Ardiana PUtri

Sebenernya saya cukup bingung untuk memberikan ulasan tentang live show dari DEATH VOMIT . Pertama terlalu sering saya menyaksikan penampilan band kebanggaan Jogjakarta dan Indonesia . Kedua , secara kualitas band sudah tidak bisa dipungkiri. Tapi anyway , karena kemaren saya hadir di event Surakarta Deathfest, dan punya cukup waktu luang dan tidak ada yang melakukan review , okelah saya menulis review ini. Surakarta Deathfest adalah event yang digagas oleh komunitas Surakarta Death Metal (SKDM).

Sebuah komunitas yang baru saja didirikan tahun ini yang bertujuan untuk mengumpulkan fans musik death metal dan meng eksis kan death metal di scene musik Surakarta / Solo. Paling tidak itulah yang saya dapatkan dari Budi dan Rio , aktivis SKDM yang saya ajak ngobrol di acara radio saya. menampilkan DEATH VOMIT sebagai headliner , event ini juga menampilkan XTAB dan TORMENTOR dari Bandung dan sederet band dari Surakarta
dan sekitarnya , yang tentunya bermain death metal. Seperti biasa ,saya bersama dengan Kusworo dan Mesrin dari HOly Flesh bertolak menuju ke Solo. Berangkat lebih awal seperti biasa , karena Holy Flesh harus mempersiapkan stand nya ( bahasa keren dari Lapak hehehe). Sempet muter muter karena beberapa jalan ditutup , dan itulah masalah yang dihadapi kalo bikin event di Auditorium AUB , menjangkau venue nya gampang gampang susah .Tapi seperti kota lain , venue adalah persoalan yang dihadapi di Solo juga. anyway , tetep akhirnya kita sampai juga. Ketemu anak anak DEATH VOMIT yang udah kelar check sound , dan tentunya Bos Ever Groove sound system , Pak Dodik ( Mortorgh) yang sekarang ini kayaknya menjadi standart bagi yang pengen bikin event metal berkualitas. sambil ngobrol sana sini , saya menunggu acara dimulai. Ketika dimulai penonton belum cukup banyak , pa lagi kemudian hujan membuat para panitia ketar ketir juga ( baca: was was).
Tapi semakin sore crowd semakin bertambah dan semakin ramai , sekilas dari luar band band terdengar menarik , mungkin karena sound nya bagus , dan mungkin juga karena mereka bermain death metal . dan saya suka death metal he...he..he niatan untuk masuk semakin tertunda setelah ternyata iwan , bos extreme souls productions hadir. reuni sambil ngobrol membuat saya jadi kembali tidak masuk ke venue . Saya sempat masuk venue ketika di ajak anak anak Klaten untuk menyaksikan band death metal andalan klaten , Death Stumble. Ya death metal sedang bertumbuh di home town saya , selain Death Stumble , masih ada Internal Amputation , dan band band baru yang berlomba lomba bermain death metal. Death Stumble bermain cukup bagus , meski sayang kembali tanpa bassist mereka yang sakit. Cukup memuaskan crowd Surakarta deathfest , apalagi mereka terpancing oleh gila gilaanya anak anak Klaten Blast Corpse. Tapi banyak juga yang bukan anak Klaten Blast Corpse
ikut berheadbanging dan masuk ke pit.Yeah Death Stumble sudah berada di track yang benar tinggal bagaimana mengasahnya ! Keep the good work guys!!



Setelah itu kembali saya keluar venue ,dan kembali ngobrol banyak dengan beberapa temen tentang event event metal mendatang . Semakin ramai ngobrolnya ketika teman teman Jogjkarta Corpse Grinder hadir bersama Origin metal shop. Wah tambah rame ... begitu juga crowd nya tambah rame ... parkiran jadi penuh. BOleh juga crowd death metal nya solo.Sip lah ! Kalo crowd death metal solo tidak menjadi ramai , sia sialah DYING FETUS maen di solo.
Tanpa terasa sudah malam , entah berapa jam saya habiskan waktu untuk ngobrol dan bereuni dengan teman teman , termasuk dengan Agung ( Torment/Cry War) , salah satu senior metal solo.
Sampai sampai saya melewatkan band band Bandung seperti Tormentor dan tentunya XTAB .
Namun giliran Death Vomit saya menyempatkan untuk masuk ke venue .berawal dari sisi kanan panggung , tapi setelah intro saya memutuskan menyaksikan dari depan sekaligus untuk mengukur crowd death metal solo. D depan crowd death metal solo , Death Vomit menggila dengan mengawalinya dengan Summon The Infernal Spirit. Lagu yang merupakan modifikasi dari Spirit OF Blasphemy ini disambut dengan brutal juga oleh crowd. tubuh tubuh berterbangan , dan headbanging tiada henti. Suasana makin panas ketika lagu selanjutnya Hatred Creation dibawakan , massa mulai terpancing untuk membuat circle pit. Dan suasana tambah panas ketika lagu baru Transgression disguhkan dengan kegilaan dan penuh kebencian. ini lagu yang menurut saya menunjukkan kematangan dari DEATH VOMIT .Begitu juga lagu berikutnya Redemption , 2 lagu ini menurut saya bakalan jadi favorit kalo nanti album DEATH VOMIT berikutnya diluncurkan. Saya menyaksikan penampilan bersama Pak Dodik ( Ever Groove)
dan mendiskusikan keistimewaan Death Vomit. Dan kami sepakat bahwa DEATH VOMIT istimewa karena mereka berhasil memformulasikan elemen elemen dari berbagai style , terutama dari old school metal , kedalam kemasan brand death metal ala DEATH VOMIT.
DEATH VOMIT tidak terlalu old school , tidak terlalu teknical , tidak terlalu sangat brutal , tidak terlalu slamming / groovy . Tapi mereka mempunyai semua itu. Dan itu yang membuat DEATH VOMIT menjadi istimewa , tidak ada yang baru yang dilakukan oleh DEATH VOMIT, tapi racikan death metal mereka mampu menunjukkan ini lho DEATH VOMIT!
Kembali ke show mereka , lagu selanjutnya juga lagu baru yang berjudul Murder. Sudah 3 kali circle pit besar tercipta , meski lapangnya gedung membuat circle pit nya kurang maksimal . tapi circle pit nya memang besar besar , saya dan pak dodik harus pasang badan karena circle pit nya hampir mendekati mixer!
Lagu baru berikutnya di awali dengan riffing thrash metal , ternyata judulnya juga bau bau thrash metal , EVil Rise hehe he Tapi lagi ini tetep brutal death metal khas Death VOmit!!
Encore nya DEATH VOMIT menutup dengan lagu kebangsaan mereka Anthem To Hate dan dilanjutkan Criminally Insane dengan awalan yang tidak biasanya.
That 's it , DEATH VOMIT selalu berkelas dalam performance nya , ada sedikit catatan tapi memang hanya musisi yang bisa merasakannya. Tapi secara umum 400 an Crowd di event ini sudah terpuaskan , SKDM sudah ditahbiskan , now tinggal menunggu kabar bagus dari perkembangan death metal dari Surakarta! Congratulations!!!
PS thanks buat Bebek dari Origin metalshop dan temen temen JCG buat tumpangan nya !! Such a real Hellride guys ha ha !!!


www.facebook.com/indogrind www.indogrind.net
Death Vomit live Surakarta Death Fest Death Vomit live Surakarta Death Fest Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 9:39 AM Rating: 5
Powered by Blogger.