Desecration - Forensix


ARTIST : DESECRATION
TITLE : FORENSIX
FORMAT : CD
YEAR : 2008
RELEASE : METAL AGE PRODUCTIONS
REVIEW : KRISNA BHASKARA
RATING : 9,0/10









Dengan dukungan dari Metal Age Productions , akhirnya saya bisa menghadirkan album terkini dari Trio asal Wales ini. Forensix adalah album resmi Desecration yang ke- 6. Dan ini merupakan album pertama mereka di Metal Age Productions setelah mereka lepas kontrak dari Copro Records ( cek wawancara saya dengan Mic Hourihan/drums soal ini nanti di edisi selanjutnya). Forensix diawali dengan track instrumental berjudul The Commital . Sebuah lagu pendek , irama mid tempo , diiringi dengan isak tangis ( atau sebaliknya !).
Komposisi berikutnya Cremains , saya langsung mendapatkan nuansa yang selalu saya dapatkan setiap mendengarkan lagu lagu Desecration , a metal catchy riffing structured song. Dan kali ini dengan tempo ngebut ,dengan produksi yang sharp , clean dan kualitas superb. Dan saya yakin itulah kata kata yang bakal terucap ketika menyimak keseluruhan album.
( Dan memang itu akhirnya terbukti karena konsep ini ditemukan di hampir semua lagu lagu Forensix). Beberapa hal yang patut dicatat dari album ini , selain kualitas produksi yang nyaris sempurna ( sharp, clean dan very polished). Yang bahkan berpengaruh pada kualitas growl nya Ollie yang terasa sangat polished ( yang justru membuat growl Ollie di album album sebelumnya menjadi lebih garang karena kering dan lebih crunchy dan lebih bergerigi). Catatan selanjutnya ,dalam kemasan tempo yang ultra cepat itu , selalu terselip structure old school metal , (sesuatu yang juga di akui Mic di wawancara dengannya , sebagai dasar dari musik Desecration ). Yang terakhir , hadirnya sang bassist Andi Morris sebagai backing growls yang membuat lagu lagu di album Forensix terasa penuh. Oke , mari kita lanjutkan jelajahi lagu lagu berikutnya di album ini. Track selanjutnya , Formaldehigh juga digeber
dengan tempo ngebut. dan tetep menampilkan riffing dan struktur gitar metal yang siap menjadi pengiring acara headbanging kalian. perbandingan yang hampir sama kita dapatkan di lagu Overdose. Yang berbeda dengan trak sebelumnya ( Cremains dan Formaldehigh) , hanyalah di Overdose disisipi di beberapa part lagu ini tempo tempo sedang. Tapi tetep dengan formulasi metal riffing yang catchy karena itulah senjata rahasia Desecration. Di lagu Silence Beneath Science pun , kita temukan formula yang sama.Baru pada Dissecting The Departed , tempo dibuat lebih beragam , meski cenderung berada di tempo sedang. Kesamaan formula ini yang membuat lagu lagu berikutnya seperti Deep Freeze maupun Sadosexual Suicide menjadi kurang istimewa meski sudah dikemas dengan riffing metal yang memorable dan crunchy. Namun track selanjutnya , Aim , Fire , Kill bisa jadi highlight dari album ini.
Kembali ngebut di Bonesaw , tapi Desecration malah mengakhiri album ini dengan sebuah lagu yang medium/midtempo. Over all , keseluruhan materi album pas buat kalian yang demen dengan death metal catchy. soal lirik , Ollie tetap menyajikan keahliannya tentang kematian dan hal hal setelah itu. Sedikit catatan tambahan saja , meski dengan kualitas sound produksi prima, album ini justru memiliki kekurangan dibanding dengan album album sbelumnya.Meski sudah punya riffing metal yang memorable,catchy yet crunchy , namun mereka menjadi terlalu polished. Dibanding dua album Desecration yang saya koleksi , Forensix tidak se-crunchy Inhuman , tidak segarang Process Of Decay .Tapi tetep aja , Forensix adalah album death metal dengan standart tinggi!!!


Indogrindistro menyediakan beragam kaos metal import/lokal, CD import/lokal, Hoody import serta pernik-pernik asli/bukan bajakan, agar kamu kelihatan lebih percaya diri dan Metal! klik disini
www.facebook.com/indogrind www.indogrind.net
Desecration - Forensix Desecration - Forensix Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 4:33 PM Rating: 5
Powered by Blogger.