Down For Life/Cranial Incisored live at LIP (Lembaga Indonesia Perancis)


DOWN FOR LIFE /CRANIAL INCISORED
Live At LIP ( Lembaga Indonesia Perancis )/4 Agustus 2010


Atas tawaran dari teman teman Down For Life , saya berangkat ke sebuah event cutting edge di Lembaga Indonesia Perancis (LIP) Jogjakarta. berbekal rasa penasaran akan seperti apa band metal tampil di lembaga budaya itu , saya berangkat bersama dengan teman teman Solo sore itu.Banyak hal kita obrolkan di perjalanan, utamanya persiapan Dying Fetus di Solo.diperjalanan Aji ( down for life) sempat berkomunikasi dengan dede suhita , dedengkot metal Bali.padahal sebelumnya siangnya saya chatting dengan dede. Wah saya jadi berpikir dunia ini sempit. kalo kita saling mengenal satu sama lain dan saling support seperti ini , betapa kuat scene metal kita!!!
Datang di LIP agak terlambat . karena seharusnya Down For Life cek sound jam 4 an . namun karena ada keterlambatan dari Solo ,Down For Life cek sound pukul 1/2 7. itupun atas negosiasi dengan panitia karena rencana event di mulai pukul 7.00. Saya masuk auditorium LIP yang menurut saya mirip teater mini.Saya jadi nostalgia nih , karena saya pernah diajak nonton film Perancis dengan bintang kampus saya waktu kuliah dulu hehehe...inget jaman pdkt...hehehe.inget masa masa di mana dia pengen membuat saya lebih BERADAB ...hahaha!!!
Venue yang tidak begitu besar namun sangat luar biasa ... namanya juga kepunyaan bule pastinya juga standart bule . keren abis!!!



kelar cek sound kita keluar makan dulu , dan kelar makan balik ke LIP , ternyata sudah waktunya Down For Life perform. Sampai venue , saya bertemu dengan teman teman seperti bos nya Indogrind/vokalis Devoured , Sastrawan , anak anak Avila/ Spider Last Moment,dan tentunya anak anak Cranial Incisored. setelah ngobrol sebentar , saya masuk ke teater untuk menyaksikan performance Down For Life.Setelah basa basi dan sedikit jokes khas Aji , Down For lIfe mempresentasikan metal di depan publik yang mungkin sekali bukan penikmat musik metal. Down For Life meski di depan publik non metal tetap perform prima dengan setlist dari lagu lagu terbarunya. o ya Down For Life mungkin satu satunya band yang tampil dengan membawa peralatan sound sendiri. bahkan mereka memerlukan 1 mobil pick up untuk membawa " persenjataan" mereka. ini adalah bukti keseriusan /komitmen mereka dalam setiap performance.
Dengan setiap lagu Aji memberi penjelasan tentang konten lagu , Down For life menyajikan performa berkelas , bahkan di depan publik yang tidak biasanya. meski entah dari mana datangnya , ada sekumpulan pasukan babi neraka ( fans mereka) yang datang di acara ini... yang jelas bukan datang bareng rombongan Down For lIfe.mereka mencoba melakukan standarisasi crowd metal dengan ber head bangin , moshing , membuat circle pit , etc.
meski itu hanya berhasil untuk mereka sendiri , toh Down For Life tetap mendapat sambutan yang sangat meriah dan sangat diapresiasi oleh publik yang mungkin baru pertama kali menonton mereka. O ya Down For Life menampilkan satu lagu baru yang mungkin hanya ditampilkan di acara ini sebelum album kedua mereka keluar. Judulnya kalo tidak salah , Tech-no - logic. sebuah lagu dengan durasi cukup panjang .sebuah lagu yang menurut internal mereka agak sulit dan tidak catchy, namun menurut saya sangat catchy karena sangat metal.ada groove selatan khas pantera , nafas metallica , dan dengan aroma downstroke death metal ... lagu ini tetap catchy dan saya yakin bakal jadi salah satu lagu favorit saat dibawakan secara live.
Kelar Down For Life , Cranial Incisored siap tampil. butuh persiapan agak lama untuk ngeset , terutama drumnya Obet.
Cranial Incisored juga perform dengan prima secara ini bukan publik mereka , tetapi karena CI punya jam terbang main di acara non komunitas nampaknya publik di LIP sudah cukup mengenal CI. dengan kekhasan nya metal/grind/free-jazz , CI disambut dengan antusias oleh crowd. meski gitar sempat tidak keluar beberapa saat , tapi tidak mengganggu penampilan CI. ada yang beda penampilan CI kemaren , mereka nampak melakukan tata panggung di penampilan mereka. bener bener surprise dan CI semakin menjadi nyaman disaksikan. Saya berpikir .. jangan jangan ini persiapan buat tanggal 17 september besok he he he
tapi saya sangat mengapresiasi perubahan performance Cranial Incisored kali ini. Cuma Didit ( vokal ) aja yang perlu lebih komunikatif aja , meski dia dari setiap performance CI saya melihat ada progress.semua setlist diambil dari album LIpan 's Kinetic , meski ada request untuk lagu dari album sebelumnya. CI menuntaskan penampilan mereka dengan medley cover The Cure dan Guns N Roses.
kelar CI , saya keluar , dan langsung di ajak temen temen DFL buat nongkrong sembari ngebir. wuahh enaknya... coba kalo ada venue dan tempat nongkrong metal sekelas tempat ini , pasti saya bakal bela belain ke Jogja tiap hari hehehe...
sembari ngobrol , saya berkenalan dengan Vensa , pencetus acara ini . masih inget Iklan rokok beberapa tahun lalu tentang cowok gimbal yang bermain musik elektronik dengan berbaju futuristik , nah itu dia orangnya. Seorang metalhead juga sebenarnya , karena dia tumbuh di era Morbid Angel ,Pestilence , etc.ngobrol soal event ini , juga termasuk kenapa band band metal jogja agak susah di ajak main di acara cutting edge seperti ini. o ya ? c mon , hello guys , ada apa dengan kalian ? sibuk ngurusin komunitas ? atau sibuk blok blok an ? it's out of fashion guys !!!
event ini juga perlu di hadiri untuk menunjukkan eksistensi metal di dunia musik Indonesia.Bahkan acara kemaren juga di live streamingkan , yang artinya didengarkan oleh seluruh penjuru dunia. sudah waktunya memangkas habis sikap narrow/close minded kalian !!!
sebelum pamitan , saya sempat dikenalkan dengan drummer baru Devoured dan menyimak lagu Devoured yang akan disiapkan untuk promo...wah Devoured juga sudah persiapan buat tanggal 17 september he he he
after having a chat with some friends and ketawa tawa dan menjawab pertanyaan teman teman tentang kepastian tanggal 17 September ... kita siap siap pulang..
well guys .. that's it for now , mari bersama sama bersulang kembali di tanggal 17 september 2010 di stadion Sriwedari Solo bersama orang orang gila dari Maryland , USA !!! Cheers !!!

credit photo : down for life By Ardana Anggi , Cranial Incisored by MIko Inhumanist.


Indogrindistro menyediakan beragam kaos metal import/lokal, CD import/lokal, Hoody import serta pernik-pernik asli/bukan bajakan, agar kamu kelihatan lebih percaya diri dan Metal! klik disini
www.facebook.com/indogrind www.indogrind.net
Down For Life/Cranial Incisored live at LIP (Lembaga Indonesia Perancis) Down For Life/Cranial Incisored live at LIP (Lembaga Indonesia Perancis) Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 1:10 PM Rating: 5
Powered by Blogger.