Belukar Anniversary


BELUKAR ANNIVERSARY
LITURGI II : REUNI RAYA LEGIUN PALAPA

foto foto counrtesy of Belukar Rockshop
Solo perlahan tapi pasti muncul sebagai sebuah kekuatan utama dalam dunia permetalan Indonesia.Semakin tajam , semakin menancap dalam , taring kekuatan musik cadas Solo di bumi pertiwi.
Ini semua tidak terlepas dari kuat dan besarnya komunitas musik cadas Solo ( baca : scene).Dimana di garis depan ada band band hebat seperti Down For life ,ditunjang dengan powerfulnya media ( Smash Your Ass radishow) ,kekuatan entitas seperti
kelompok kerja kolektif The Think Organizer ,dan tentunya the one and only Belukar rockshop.
berawal dari merchandising company untuk Down For Life dan band lain dari Solo , Belukar berkembang menjadi one stop pit untuk semua hal yang berhubungan dengan musik rock / metal di solo. Dalam waktu singkat Belukar bersama entitas lain nya tadi , menjadi metal centre untuk solo dan sekitarnya.
Nah , event yang bertajuk Liturgi II : Reuni raya Legiun Palapa ini merupakan perhelatan dalam rangka anniversary Belukar yang kedua. kenapa disebut reuni , karena semua band yang perform sering bertemu di event event lain sebelumnya . Dan kini di acara ini mereka bereuni dengan menuangkan formula musik cadas masing masing untuk publik cadas solo.
karena terkenal dengan kualitas produksi sebuah event ,saya selalu tidak pernah ragu untuk hadir di setiap event yang digagas The Think organizer.( O ya hampir lupa , Belukar adalah anak perusahaan dari The Think organizer. ) karena kelompok kerja kolektif sebagian beranggotakan anak band cadas Solo , hal membawa pengaruh dalam kualitas event yang dihasilkan.
Logika sederhana , setiap anak band pasti pengennya main di event dengan promo bagus , alat yang bagus ,sound system bagus , dan tentunya crowd yang bagus. berbekal keinginan setiap anak band inilah ,The Think selalu mempersiapkan semua hal yang diinginkan itu dalam setiap eventnya.itulah yang membuat event The Think selalu berkelas dan berkualitas . Jarang saya menemukan band band luar Solo yang manggung di event mereka mengeluh . Yang selalu ada adalah acungan jempol two thumbs up dan kekaguman.
Kalian suka atau tidak suka , The Think masih jadi yang terbaik dalam penyelenggaraan event musik cadas /metal di Jawa tengah /DIY.Sesuatu yang harus ditiru penyelenggara event lain.
Balik ke acara Anniversary Belukar , saya datang agak terlambat karena sesuatu hal. Ketika masuk venue ( auditorium AUB ) , nampak parkir penuh sesak kendaraan. suatu indikasi bahwa acara ini memang ditunggu tunggu. Saya bersosialisasi dengan beberapa teman , dan saya miss beberapa band pembuka . Vengeance udah main , saya datang saat band ( ?) Matius III:II sedang beraksi. Saya miss Take And Awake juga karena masih ansyik ngobrol di luar , walau sebenarnya saya ingin menyaksikan progress dari unit grindcore dari Solo ini.
Karena setelah mereka adalah menu utama , saya memutuskan masuk. di pintu masuk saya melihat wajah wajah baru ,meski ada yang saya kenal. penjagaan cukup ketat . biasanya kalo di setiap event The Think , saya cukup pake kartu Halo ( baca : cukup ngomong halo teman teman hehehe), kemaren saya harus menunjukkan invitation saya . well , good job guys .
PARAU dari Bali memulai aksinya. band metalcore ini kayaknya yang sangat ditunggu tunggu publik Solo yang memang kuat akar metalcore nya. performa perdana mereka di Solo sangat disambut baik publik Solo. Parau tampil dengan garang terpicu juga gairah crowd . Nomor demi nomor milik Parau dilalap habis crowd dengan ber moshing , banging habis habisan . Masih dengan formula gitar yang Chugga chugga , musik Parau masih bisa saya nikmati. Bahkan saya lebih bisa menikmati Parau ketimbang ketika nonton Caliban (!!!) . Dan Mereka tampil all out dibanding ketika saya melihat mereka perform di Semarang.
EXTREME DECAY muncul di stage sebagi performer berikutnya . Saya sudah lupa kapan terakhir saya nonton kugiran grindcore asal malang . Mungkin pas acara grindcore DIY di kedai kebun Jogjakarta entah kapan itu.
Saya harap harap cemas menyaksikan band ini , mengingat Extreme Decay adalah band yang paling berbeda dalam line up acara ini. Grindcore dengan formulasi old school ,dan juga ED lebih banyak bergerak di pentas pentas event underground meski secara status tidak diragukan lagi. Di awal perform mereka , Publik yang abis gila gilaan sedikit mereda dan mencoba mencerna apa yang disajikan ED . setelah 3 - 4 lagu crowd mulai tergerak meski tidak seperti saat Parau. Lagu demi lagu Extreme decay menghajar crowd dengan amunisi grindcore nya. dan saya melihat banyak sekali individu individu yang sangat menikmati musik nya ED . Luar biasa ini.
Style musik ED yang mungkin bisa jadi lebih disuka dan dimainkan di Eropa menancap di benak fans fanatiknya yang membuat saya berpikir Wah Solo sudah mulai menggeliat nih grindcore nya.
Sempet satu kali mati sound buang gitarnya, Extreme Decay tetep gahar dengan nomor nomor grindcore uniknya. Butuh perhatian khusus untuk menikmati musik penuh disharmoni ini , but these guys succeeded to draw attention from the crowd. o ya ada backing growl yang menemani Afril menggerinda crowd Solo , yang setelah saya ngobrol sama dedengkot musik metal Malang itu , ternyata adalah vokalis Killharmonic.
Next the home band ( hehehe!!!) , Down For Life ... selalu perform prima , dengan nomor nomor baru yang belum dirilis dan beberapa nomor lawas.Crowd yang notabene sebagian adalah pasukan babi neraka ( fans fanatik mereka), berpesta bersama band favorit mereka . sekilas , nampak makin matang performa mereka. blocking yang mapan , dengan style mereka sendiri. ya .., by the fact , di penampilan awal mereka kadang terpengaruh band band lain. it seems they are their own term now.lagu lagu baru seperti nya juga sudah akrab bagi pasukan babi neraka .duo gitaris mereka ( rio dan moses) juga sudah tampil meyakinkan sekali. saling melengkapi , dan menyatu dengan personil lama. seolah menandaskan ketika mereka terpilih menggantikan Imam bersaudara , itu adalah pilihan dengan dasar kompetensi dan kualitas.
nomor nomor Down For Life yang baru semakin cadas , semakin metal. berbasik metalcore , namun groove groove mereka nyrempet nyrempet ke death metal bahkan ada sedikit aroma southern metal. namun semua tetap tertuju pada titik : heavy , agrresive , groovy and enjoyable.Down For Life adalah satu dari sedikit band yang berbasik metalcore yang bisa saya nikmati. bahkan faktanya , saya tidak merasa Down For Life itu band metalcore ( lagi).
Saya skip lagu lagu terakhir untuk mencari minum dan bereuni dengan dedengkot metal Malang Afril ED. Kita ngobrol panjang lebar , mulai dari betapa lama nya kami sudah tidak bertemu sampai kondisi kami sekarang yang masih metal metalan sampai saat ini. obrolan tambah rame dengan kehadiran kusworo ( holy flesh). Terdengar Down For Life mengcover Smoke On The Water ( Deep Purple) , suatu indikasi bahwa Down For Life memperpanjang set list mereka.karena saya dengar dari panitia , Straight Out berangkat dari Semarang agak terlambat . Sementara panitia di kejar deadline izin acara. Dan saat lagu berakhir , saya melihat kendaraan Straight Out tiba.untung pihak kepolisian bisa diberi pengertian , hanya dengan persiapan kurang dari 10 menit. Berdasar pengalaman dan cerita teman , Straight Out butuh waktu lama untuk ngeset head dan alat mereka.
Namun dengan kondisi yang ada , Straight Out tampil dengan prima meski memotong setlist mereka dengan drastis. Namun mereka perform jauh lebih baik dari ketika saya nonton mereka di acara east side Semarang. Dan itu diamini rekan rekan lain. Sampai ada kelakar , Straight Out sebaiknya dibuat kepepet agak bisa tampil lebih prima he he he
kelar Straight Out, reuni kembali dilanjutkan. obrolan tambah asyik ditambah dengan bumbu bumbu gosip di dunia musik cadas Indonesia he he he.
O ya saya sempat berbagi dengan Afril tentang scene di daerah solo dan sekitar , bagaimana kami semua entitas yang aktif mengibarkan bendera cadas di area kami bisa bersinergi satu sama lain , saling membantu dalam atas nama musik metal dengan daya upaya masing masing , bukan malah bersaing , gontok gontokan seperti scene daerah tertentu he he he. We suppose to support each other , after all we have the same enemies!!!
Untuk closing tulisan ini , Happy Anniversary untuk Belukar !!! selalu jadi yang terdepan di kancah dunia metal Solo dan sekitar !!! Pastikan Belukar menjadi center untuk semua hal yang berhubungan dengan musik Cadas /metal !!! Dan jadikan para new kids on the block itu ,metal sebenar benarnya !!! Hail !!!


Indogrindistro menyediakan beragam kaos metal import/lokal, CD import/lokal, Hoody import serta pernik-pernik asli/bukan bajakan, agar kamu kelihatan lebih percaya diri dan Metal! klik disini
www.facebook.com/indogrind www.indogrind.net
Belukar Anniversary Belukar Anniversary Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 6:38 PM Rating: 5
Powered by Blogger.