DAY DARK FEST


DAY DARK FEST , Sebuah Catatan




sebuah langkah besar selalu diawali dengan jejak jejak kecil. Dalam hal ini jejak jejak kecil itu dilakukan teman teman komunitas Pengging Total Hitam . Dengan mentor , Doddik ( Traxtor/Mortorg/Tragical Memories) dan dibantu supervisi Kusworo ( Holy Flesh), anak anak muda pengging menggagas sebuah event metalfest yang di gelar selama dua hari berturut turut. sebuah kegiatan mengacu pada event vent metalfest yang ada di luar negeri. bukan sekadar bermimpi , ataupun mengada ada dan cari sensasi , tapi inilah yang dilakukan Pengging Total Hitam . menggarap event metalfest selama dua hari membutuhkan persiapan yang luar biasa. untuk itulah mereka menyiapkannya selama berbulan bulan. dan tentunya dengan segala sesuatu yang dipersiapkan sedemikian rupa , mengingat dalam dua hari ini , event metalfest mnghadirkan nama nama besar seperti FUNERAL INCEPTION , DEVADATA , REZUME , SPIRIT OF LIFE , TRAGICAL MEMORIES , DOWN FOR LIFE , SIKSA KUBUR , PANIC DISORDER dan VENOMED .
Mulai dari venue , sound system , dan segala pernak pernik nya. Bukan berkhayal , Kusworo berkata kepada saya suatu saat acara ini mengacu dan diarahkan pada WACKEN OPEN AIR. sebuah mimpi besar yang sudah dirintis mulai dari sekarang. and you know what , man ? saya berani bertaruh bahwa metalfest yang dikonsep seperti ini di Indonesia baru Dark Day Fest ini. Bravo guys ! Dengan sound yang sangat layak ( mesa boogie , marshall , etc) dan asli , bahkan band pemula pun akan merasakan ampuhnya sound system Ever Groove ,milik Doddik ini. yeah selama ini , fakta banyak event metal yang diselenggarakan dengan sound seadanya , bahkan cenderung busuk. dan gilanya ada yang bangga menyajikan event dengan sound busuk. yang satu itu mengundang decak kagum dari orang orang sekelas Donny Iblis ( funeral Inception) dan Andre Tiranda ( Siksa Kubur).Donny Iblis berkomentar , tau sound seperti ini , dia akan ngajak band bule . Andre berkomentar , ini luar biasa , sangat beraroma death metal.


stage dengan rigging dan lighting berkelas dengan dua speaker gantung ( meski akhirnya yang gantung mati), Day dark fest memang festival metal berkelas . Dan luar biasanya , ini diselenggarakan di kota kecamatan , bukan kota kota besar di jawa tengah.



Hari pertama
Saya meluncur ke Venue dari rumah sorean , karena itulah waktu yang memungkinkan . setelah di kartasura terganjal macet akibat ramainya orang berlibur ditambah tumpukan peserta MUktamar Muhammadiyah yang pulang dari Jogjakarta.Sampai venue , saya sempat bersay hello dengan anak anak Death Stumble ( band slamming death metal berbakat dari Klaten) yang nongkrong di luar. ternyata mereka udah kelar bermain jam 1/5 lima sore. saya masuk venue dan ngobrol dengan sang supervisor , Kusworo. dari informasi yang saya dapat , kinerja panitia kurang maksimal .ya karena masih muda , masih euphoria dengan situasi yang ada sehingga mereka agak lupa pada tanggung jawab mereka .meskipun begitu nampak tidak begitu kacau.saya masuk venue saat sebuah band black metal yang saya lupa namanya naik stage. stage nya emang keren bener , dengan ( DUA!!!!) set drum. untuk band peserta dan bintang tamu , wuihhhh gila bener!! Selanjutnya saya mampir ke stan belukar bertemu dengan beberapa teman dan ngobrol banyak. dari situ saya dapat cerita horror , kalo pas break maghrib tadi ada sosok serupa kepala/tengkorak menggelinding di atas mixer!!! wow , sangat metal event ini hehehe... saya memang mencium bau dupa disekitar stan belukar ( hal yang sama dialami aji down for life saat on stage ). saya berdiskusi dengan adik saya yang kebetulan mempunyai kemampuan supranatural. kita memutuskan mewaspadai kondisi ... hehehe nyambi jadi dukun ceritanya. setelah beberapa band peserta yang tampil ( ada yang bagus , ada juga yang masih berkesan " sing penting banter , sing penting brutal',) dan dengan alat dan sound bagus , kita bisa melihat kekacauan tempo di beberapa band.
setelah itu , Spirit Of Life naek stage. bermain moshcore , mereka cukup berhasil menarik perhatian penonton. O ya jumlah penonton masih sedikit , sekitar 200an. mengalami kendala di gitar , band ini sempat memancing mosh pit ramai. meski menurut saya mereka kurang maksimal , terutama di seksi ritem nya, unsur penting dalam moshcore. setelah itu tampil Liberty , band power metal dari Karanganyar. saya udah nonton mereka 2 kali dan entah kenapa dengan equipment bagus seperti ini mereka malah ga maksimal. sayang sekali. mereka menutup penampilan dengan sebuah lagu berjudul lagu kebebasan , lagu sendiri mungkin. Devadata naik panggung dengan outfit yang seragam. sesuatu yang berbeda , karena saya membayangkan kaos warna warni , jersey dan bandana. ternyata mereka berkostum hitam hitam ala viki ( burgerkill). Dan ternyata musiknya pun sudah tidak murn hardcore seperti di CD , namun udah mixed dengan nuansa metal.temen saya bilang mengingatkan pada Sucker Head. saya bilang mengingatkan pada Sepultura album album awal. mengingat Sucker Head terpengaruh Sepultura , saya rasa omongan kita masuk akal.o ya sosok vokalisnya ngingetin saya pada sosok Roy jeconiah ( Boomerang), sodara kali !!


o ya selama penampilan band band tadi ada dua penonton disinyalir kesurupan .meski dari pandangan supranatural, sebenarnya mereka dilempar oleh sesuatu yang tidak kelihatan.untuk itu adik saya bersama wisnu ( lamphor) mencoba mengatasi hal ini. meski panitia bilang , udah ada pananormal yang stand by. ternyata paranormalnya seorang cewek muda cantik dan modis abis.... pantesan setan setan nepsong banget hehehe. usut usust ternyata , waktu panita persiapan teledor memotong pohon dan itu bkin murka penunggunya. setelah deal dealan , ada kesepakatan kalo mereka tidak akan ganggu panitia/band/alat , kecuali penonton yang dianggep mengganggu.hehehe untung hal tidak diberitahukan penonton , kalo diberitahu mereka pasti bubar. untunglah setelah itu tidak terjadi apa apa. cukup lucu juga saat mc menyuruh penonton untuk jauh jauh dari pepohonan. setekah itu REZUME on stage .band muda bali ini bikin saya penasaran . brutal guttural slaming death metal.dengan selingan komen komen sang gitaris yang vulgar dan saru namun dibawakan dengan sopan hahaha... sayang mereka cuma tampil bertiga alias tidak lengkap. vokal dirangkap sang bassist , cukup oke dan jauh lebih baik ketimbang mereka mengajak 2 vokalis tamu band band lokal boyolali yang menurut saya out of tone. Band ini serupatak sama dengan Venomed . dari segi performance , Venomed jauh lebih menghibur. tapi dari segi materi lagu anak anak Rezume nampak lebih matang.
saat Rezume on stage , anak anak Siksakubur datang dan menyaksikan band bali dan memberi apresiasi dan aplus kepada band ini.namun setelah itu mereka sibuk mencari TV karena terdengar kabar Jerman sudah menghajar Argentina 2-0. pertandingan ini juga yang membuat venue tidak bertambah sampai menjelang kelar hari pertama ini. Tragical Memories tampil berikutnya , brutal meski dengan bassit baru mereka seksi ritem kurang menonjol.
terakhir Funeral Inception , yang juga tampil tidak full line up. wah sayang sekali... meski terasa mantap , saya yakin mereka bakal lebih gila ketika full line up . sayang sekali. hari pertama berakhir dengan banyak catatan ini . dan malam itu saya dengar panitia ditegur keras oleh sang mentor.
saya memutuskan pulang dan saat itu juga anak anak Panic Disorder datang.
Hari kedua
ke venue lagi lagi agak sorean. bersama Yessy ( road manager death vomit) , kami berharap sampai lebih awal karena lewat jalan pintas. walaupun akhirnya malah nyasar kejauhan ... gelap soalnya hehehe. sampai venue , kondisi crowd dua kali lebih baik dari kemaren .sampai pada kesimpulan , kalo ada pertandingan bola mendingan jangan bikin event deh , apalagi kalo tim favorit .saya dateng pas anal stroke ( band nya pak doddik juga)mau memainkan lagu terakhir yang riffing awalnya saya sangat akrab, some pain will last ( Kreator).
Usai itu bersiaplah Panic Disorder . ketika set kelar , Budi n temen temennya langsung menghajar habis pengging dengan lagu lagu yang kebanyakan diambil dari mini CD mereka. di setiap jeda lagu , Joki menjelaskan latar belakang lagu lagu yang mereka mainkan.jujur saya suka karakter vokal Joki yang beda dengan growler lain. hanya saja kadang saya merasa butuh keselarasan dalam lagu lagu Panic Disorder agar karakter vokal JOki semakin nampak.setelah Panic Disorder m giliran Venomed . saya tidak utuh menyaksikan mereka lantaran anak anak klaten yang jadi portir pengen menyaksikan band favorit mereka , jadi lah saya n adik saya portir dadakan. Dan itupun hampir aja kita gebugin orang yang nekad , hampir, karena orang itu diseret Pak doddik dan untuk ia aja dia dikasih tahu nurut. kalo nggak , udah hancur dilindas ama bosnya ever groove itu he he
sekilas Venomed , performance ok , sound oke. cuma vokal benny menurut saya kerenan waktu di solo.



Lalu ada Down For life , penguasa rakyat metal karesidenan surakarta. tampil dengan kebanyakan materi baru mereka , mereka tampil dengan performa metal yang entertaining. dan lagu lagu mereka semakin berat ( dalam artian sound), namun tetep dalam pilihan moshable riffing. berbau death metal , meski jelas bukan death metal. oke lah.

terakhir , Siksa kubur tampil all out dengan lagu lagu dari album baru dan beberapa lagu dari album lama. as we know , Japs biasanya sedikit berkomunikasi dan selebihnya Andre yang mengisi. namun kali ini Japs kayaknya lagi ceria , sehingga sering banyak berkomunikasi. sayangnya jadi tabarakan dengan ANdre. Hal yang berbeda ketika saya menyaksikan mereka disolo waktu promo tur mereka. begitu rapi dan saling mengisi. meski secara over all , penampilan mereka tetap sadis dan meyakinkan. hanya saja penonton sudah mulai lelah , dan akibatnya sedikit demi sedikit penonton meninggalkan venue.


Tapi saya yakin kepuasan terpancar di raut wajah mereka , belum kita bicara kepuasan dari para players. saya mengucapkan selamat kepada pak doddik !!! dan ia menjanjikan saya bahwa event ini dipastikan bakal jadi event tahunan!!! selamat Pak doddik !!! selamat Kusworo Holy Flesh!!! selamat Pengging Total hitam !!! kalian menorehkan sejarah di dunia metal Indonesia!!! selamat untuk menjadi pioneer tanpa menjadi tumbal !!! Horns up!!!




Indogrindistro menyediakan beragam kaos metal import/lokal, CD import/lokal, Hoody import serta pernik-pernik asli/bukan bajakan, agar kamu kelihatan lebih percaya diri dan Metal! klik disini
www.facebook.com/indogrind www.indogrind.net
DAY DARK FEST DAY DARK FEST Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 4:13 PM Rating: 5
Powered by Blogger.