KRISIUN - BLACK FORCE DOMAIN


ARTIST : KRISIUN
TITLE : BLACK FORCE DOMAIN
FORMAT : CD
YEAR : 1995/1997/2001
RELEASE : G.U.N/CENTURY MEDIA
REVIEW : KRISNA BHASKARA
RATING : 9,5










Ini full album pertama dari Krisiun ,yang dirilis oleh Dynamo Records ( 1995) yang kemudian di re – release oleh G.U.N. Records tahun 1997 dan kemudian dilisensi dan dirilis ulang oleh Century Media ( 2001). Begitu sering dilisensi dan dirilis ulang nya album ini menunjukkan betapa pentingnya album ini.
Di Black Force Domain , kita bakal menemukan cikal bakal death metal ngebut Brazilian style dengan cita rasa war metal. Sebuah style/genre yang memang dipelopori 3 bersaudara ini. Paduan thrash metal agresif yang diwarisi dari Slayer/teutonic thrash legends, dengan chaotic teknik dan structure ala Morbid Angel yang dibawakan dengan kecepatan tinggi.
Menyimak Black Force Domain, mengingatkan saya pada Morbid Visions nya Sepultura. Hampir ada kemiripan pada ke dua album ini. Dihasilkan dari dua band muda dari Brazil , bermuatan death metal dengan penuh kemarahan dan nuansa ‘evil’. Dihasilkan dari keterbatasan fasilitas recording , dan menjadi corner stone bagi generasi berikutnya.Sesuatu yang bahkan tidak disadari oleh kedua band ini saat merekam album debutan mereka. bahwa mereka menciptakan sesuatu yang akan memepengaruhi banyak orang dan menjadi sumber inspirasi. Uniknya , Krisiun menyebut Sepultura sebagai salah satu pengaruh utama mereka.
Hal yang membedakan Sepultura dan Krisiun adalah , Sepultura mengibarkan bendera musik ‘evil’nya hanya pada album pertama saja.setelah itu perlahan lahan meninggalkan nya hingga “tersesat’ sampai saat ini. Sedangkan Krisiun sejak album pertama hingga saat ini konsisten dengan style musiknya maupun image all that is evil nya.
10 track di Black Force Domain menunjukkan Krisiun masih dalam form yang paling kasar , ugly dan raw.kalo agresif , sampai saat ini Krisiun masih agresif.hanya saja power , ganasnya musik Krisiun sangat terasa di album ini. Super ngebut , super bising namun tetap tertata dengan full chaotic solo gitar di sana sini yang membuat musiknya semakin sadis .sesuatu yang menunjukkan bahwa di usia muda Krisiun sudah memiliki skill bermusik tingkat tinggi.
Mendengarkan Krisiun di album ini memang unik , dihajar musik ngebut dan bising , yang membuat kita serasa ditembus peluru m 16 dari telinga kanan ke kiri, kebosanan tidak kita temukan di album ini.Mereka piawai membuat aransemen yang tidak membosankan meski tempo sangat ngebut seperti itu.
Lagu Evil Mastermind misalnya , diawali dengan solo drum yang catchy.
O ya kalian di beri kesempatan untuk bernafas di track Infamous Glory, sebuah solo gitar yang mengiris iris dengan tetap mengedepankan suasana evilnya.
Namun cukup di track itu kalian mengambil nafas , karena selanjutnya pedal gas( or drum) kembali diinjak sampai pada titik maksimum sampe album ini kelar.
Oleh karena itu , jangan coba coba menghadang makhluk penghujat yang bernama Krisiun ini , atau kalian akan mendapati sebuah lubang tembus kebelakang di dada kalian ! AND YOU WILL DIE A PAINFUL DEATH EVEN BEFORE YOU REALIZE IT !!!
And when that’s not enough , kita dapat bonus 2 lagu cover version dari 2 band yang punya pengaruh besar bagi Krisiun ( dan pengaruhnya bisa kita dengerin di album ini) , yaitu Sodom ( Nuclear War) dan Kreator ( Total Death). Disuguhkan dengan warna Krisiun dengan pakem tetap dari sang legenda!!




Indogrindistro menyediakan beragam kaos metal import/lokal, CD import/lokal, Hoody import serta pernik-pernik asli/bukan bajakan, agar kamu kelihatan lebih percaya diri dan Metal! klik disini
www.facebook.com/indogrind www.indogrind.net
KRISIUN - BLACK FORCE DOMAIN KRISIUN - BLACK FORCE DOMAIN Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 12:42 PM Rating: 5
Powered by Blogger.