Adversary - Forsaken



ARTIST : ADVERSARY
TITLE : FORSAKEN
FORMAT : CD
YEAR : 2001
RELEASE : CURSED PRODUCTIONS
REVIEW : KRISNA BHASKARA
RATING : 7,7






Ini satu lagi band yang personilnya aktif di scene metal Amerika Serikat. Bassist/growler nya Ray Miller adalah pemilik Cursed Productions , label dan distro metal dari Indiana sekaligus editor majalah Metal Curse yang eksis sejak pertengahan 90'an. Mungkin karena itu band yang berdiri tahun 1994 baru menghasilkan dua album . kesibukan yang menyita waktu , mungkin entahlah.
kalo di album pertama The Winter Harvest , Adversary punya kecenderungan industrial pada ramuan death metal - nya ( di perkuat dengan penggunaan drum mesin), sekarang kondisi berbalik 180 derajat pada album kedua , Forsaken.
meski benang merahnya tetap death metal , di album Forsaken Adversary meminimaliskan musik mereka hinga nuansa old school death metal ala Amerika kentara sekali.
bertrio ria , dengan menggunakan drummer betulan , Adversary benar benar berniat mengokokohkan mereka sabagai band bergenre old school US death metal.
sejak track pertama , ( We Must Be ) In Hell , riffing gitar yang simple namun catchy , bertempo medium dipertontonkan.diiringi dengan ketukan drum dengan pattern yang cenderung monoton , dan warna dan gaya bervokal Ray Miller yang mengingatkan kita pada apa yang pernah ditampilkan oleh Chris Reifert di era Autopsy. semua ciri ini bisa dirasakan di hampir seluruh lagu di alabum ini ( total 9 lagu). dan semuanya dikemas dengan aransemen yang sangat sederhana , sesederhana old school death metal dimainkan.
Ga ada pamer skill bermusik , ga ada solo gitar , semua ditampilkan dengan kesederhanaan death metal dengan tempo medium. a pure slab of death metal with old school US sound.
tapi disitulah menariknya Adversary . meskipun digarap dengan sederhana dan sangat standard , saya tidak menemukan kecenderungan monoton dalam lagu lagu nya , meskipun durasi lagu lagu yang cukup panjang ( 4 di antaranya berdurasi 6 -7 menit). semua nyaman , asyik dan berkualitas dalam kemasan old school death metal sampai kelar detik terakhir.
Di dua lagu , Event Horizon dan Eternum Vale , Adversary menampilkan nuansa doom metal dengan tempo yang lebih lambat dan berat dibanding lagu lagu lainnya. Adversary juga menyelipkan cover version dari legenda gore grind / death Amerika , Impetigo yang berjudul Boneyard. sebuah lagu old school death/grind catchy dengan ketukan drum ala hardcore/punk 80'an.
saya merencanakan ber-share dengan Ray Miller tentang aktifitas nya di dunia extreme metal , mudah mudahan dia punya waktu meresponsnya.

Indogrindistro menyediakan beragam kaos metal import/lokal, CD import/lokal, Hoody import serta pernik-pernik asli/bukan bajakan, agar kamu kelihatan lebih percaya diri dan Metal! klik disini


www.facebook.com/indogrind

Adversary - Forsaken Adversary - Forsaken Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 9:15 AM Rating: 5
Powered by Blogger.