Entombed - Clandestine

ENTOMBED
Title : Clandestine
Format : CD
Year : 1991
Release : Earache Records
Review : corn
Rating : 9,5
Language: Indonesia




Sebuah album klasik dari band klasik death metal asal Swedia, dia adalah Entombed, yang juga merupakan pelopor aliran musik yang kini mendunia dengan lebih spesifik disebut Sweden Death Metal (sebagian orang menyebut warna musik mereka sebagai Scandinavian death metal). Entombed yang pada awalnya bernama Nihilist dibentuk pada tahun 1987 di Stockholm, Swedia. Album Clandestine ini merupakan sequel (lanjutan) dari album sebelumnya yang merupakan debut albumnya, Left Hand Path yang diluncurkan terlebih dahulu pada tahun 1990. Entombed melalui dua album ini sempat menggoncangkan dunia permetalan dengan warna musik yang unik dan dahsyat, terutama pada sound gitarnya yang suaranya mirip suara gergaji mesin. Pertama kali saya mendengar dulu sempat membuat saya tercengang, bagaimana membuat sound gitar yang begitu unik seperti itu, menyeramkan. Ternyata mereka memadukan antara sound effect Boss Heavy Metal distortion dengan Peavey amplifier, kemudian mereka utak-atik sehingga keluar sound gitar yang begitu dahsyat seperti itu, mau mencoba?

Album Clendestine ini dibuka dengan lagu Living Dead, sebuah lagu yang keren dengan tempo cepat. Ciri-ciri musik Entombed masa lalu begitu kental terasa di lagu ini. Saya bilang masa lalu karena selepas album Clandestine ini warna musik Entombed begitu berbeda, mereka merubah style musik mereka dari death metal (murni) menjadi warna musik yang mereka sebut dengan nama Death n’ Roll, warna musik yang masih akar dari death metal yang mereka ramu menjadi warna musik death metal dengan sentuhan hard rock, blues dan rock n’ roll.

Di album Clandestine ini Entombed masih memasukkan warna-warna death metal yang menyeramkan, yaitu selain sound gitar yang begitu “dark” seperti suara gergaji mesin, juga kocokan gitar yang begitu khas Entombed, juga jeda-jeda lagu yang begitu “kelam” dan singup yang diisi dengan part-part gitar yang serem serta kadang disisipi suara ala musicbox (kotak musik yang kalau dibuka keluar bidadari menari dan diiringi musik yang berdenting). Semisal pada lagu Through the Collonades yang keren itu.

Satu hal yang menarik dari album Clandestine ini adalah, meskipun dalam komposisi pemain pada posisi vocal ditulis nama Johnny Dordevic, namun sesungguhnya dia tidak pernah menyanyi satu lagupun dalam pembuatan albumnya. Seluruh vocal dalam lagu-lagunya diisi oleh sang drumer sekaligus pendiri band ini, yaitu Nicke Andersson. Di album ini disebutkan nama-nama personelnya adalah Johnny Dordevic - Vocal, Nicke Andersson - Drums, Uffe Cederlund - Guitar, Backing Vocals, Lars Rosenberg – Bass, Alex Hellid – Guitar. Produser oleh Tomas Skogsberg serta design untuk cover adalah oleh sang masestro Dan Seagrave.

Rekomendasi lagu-lagu di album ini antara lain Living Dead, Evilyn, Blessed Be, Stranger Aeons, Chaos Breed, Crawl dan semua aja deh, karena semua lagu di album ini dijamin keren. Mulai yang bertempo sedang seperti Stanger Aeons dan Evilyn hingga yang kenceng semisal Severe Burns, Chaos Breed dan Living Dead. Meski perlu saya ingatkan bahwa musik Entombed di album ini adalah musih death metal murni, sehingga kalau kita menunggu adanya grinding atau blasting beat dalam lagu-lagunya nggak bakalan ada deh. Namun begitu musik mereka akan membawa kita ke negeri asing yang kelam dan nggak bakalan mau kembali ke dunia nyata. Kebayang kan bagaimana dahsyatnya? Hehe..

Album Clandestine ini diluncurkan ke dunia pada bulan November 1991 melalui Earache Record, merupakan salah satu album klasih death metal yang perlu dimiliki oleh penggila metal sedunia. Coba dan rasakan...

Tracklist
01 Living Dead (Andersson/Hellid) – 4:26
02 Sinners Bleed (Andersson/Cederlund) – 5:10
03 Evilyn (Andersson/Cederlund/Rosenberg) – 5:05
04 Blessed Be (Andersson/Cederlund/Hellid/Rosenberg) – 4:46
05 Stranger Aeons (Andersson/Cederlund/Hakansson) – 3:25
06 Chaos Breed (Andersson/Cederlund/Hakansson) – 4:52
07 Crawl (Andersson) – 6:13
08 Severe Burns (Andersson) – 4:01
09 Through the Collonades (Andersson/Hakansson) – 5:39



Indogrindistro menyediakan beragam kaos metal import/lokal, CD import/lokal, Hoody import serta pernik-pernik asli/bukan bajakan, agar kamu kelihatan lebih percaya diri dan Metal! klik disini


Artikel yang Direkomendasikan oleh Pengunjung Lain:

LED ASTRAY, FARASU, THREE VICTIMS, DROSOPHILA, BEHEMOTH-DEMIGOD, DEICIDE, SPAWN OF POSSESSION, BLOODBATH, GRINDCORNER COMPILATION, SIKSA KUBUR INTERVIEW, CARA BUAT MYSPACE, DEATH VOMIT, DEATH VOMIT INTERVIEW, KAMPFAR, ANGTORIA, MORBIDDUST, SIKSA KUBUR-PODIUM, DARK TRANQUIILLITY-CHARACTER, DARK TRANQUIILLITY-FICTION, NILE-ITHYPHALLIC, JASAD-ANNIHILATED THE ENEMY, ERROR SAAT MENGUPLOAD GAMBAR, DISMEMBER, DISAVOWED, INDOGRIND, JASAD INTERVIEW, METALHEAD FUNDING SUPPORT, ABORTED, KEKAL INTERVIEW, DIMMU BORGIR, COPY PASTE, VITAL REMAINS, ATROCITIES 5 WAYS CD
Entombed - Clandestine Entombed - Clandestine Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 10:37 PM Rating: 5
Powered by Blogger.