Cephalic Carnage - Xenosapien

CEPHALIC CARNAGE
Tittle : Xenosapien
Format : CD
Year : 2007
Release : Relapse Record
Review : Corn
Rating : 8,5
Language: Indonesia




Inilah album terbaru dari band technical grind asal Denver, Colorado, USA, Cephalic Carnage. Album Xenosapien ini dirilis pada tanggal 29 Mei 2007 yang lalu melalui Relapse Record, satu label yang sama dengan band-band sangar lain semisal Dying Fetus, Misery Index, Mastodon, Brutal Truth dan Necrophagist. Cephalic Carnage merupakan salah satu diantara beberapa band dengan pondasi grindcore yang berhasil meramu musik mereka dengan sentuhan doom, eksperimen metal, sludge, death metal, hingga musik jazz dan folk sehingga mampu menciptakan warna musik tersendiri dan hal itu membuat mereka dengan percaya diri menyebut musik mereka dengan istilah “Hydrogrind”. Band yang dibentuk pada tahun 1992 ini beranggotakan Lenzig Leal (Vocals), Zac Joe (Guitar), John Merryman (Drums), Steve Goldberg (Guitar), Nick "Brass Smith" Schendzielos (Bass, Vocals) dan dibantu oleh Bruce Lamont (saxophone). Hingga album Xenosapien ini berarti mereka telah mengeluarkan lima buah album. Dalam lagu-lagunya mereka biasa mengusung tema tentang makhluk angkasa luar, UFO, humor, mariyuana, politik serta isu-isu sosial lainnya.

Album Xenosapien ini dibuka dengan lagu Endless Cycle of Violence, sebuah lagu yang keren dan merupakan single mereka dimana sebelum album ini dirilis sudah di "lempar" terlebih dahulu ke publik metal melalui site mereka di my space. Konsep musik mereka langsung dapat terbaca melalui lagu tersebut, yakni musik eksperimental dengan mengkombinasikan dengan musik-musik doom, death bahkan black metal, meski justru yang kadang lebih terasa adalah aroma-aroma jazz yang muncul di lagu-lagu mereka. Namun meski begitu nuansa grindcore masih saja kental mengalir di lagu-lagu mereka tersebut, karena memang itu adalah pondasi musik Cephalic Carnage ini. Riff-riff gitar yang rumit dan slap-slap pada permainan bass juga muncul di lagu-lagunya, termasuk pemilihan jeda-jeda lagu yang kadang-kadang menjadi tidak terduga.

Selepas dari lagu pertama, kita langsung dijamu dengan satu lagu yang technical dalam tempo lagu yang cepet, Divination & Volition. Lagu ini keren banget, permainan gitar Zac Joe dan Steve Goldberg saling bersahutan, seolah tak mau kalah satu dengan yang lain. Rekomendasi lagu-lagu yang cukup enak untuk disimak di album ini antara lain Endless Cycle of Violence, Divination & Volition, Molting, Touched By An Angel, Heptarchy, dan Megacosm of the Aquaphobics.

Namun kelemahan dari banyak band-band tehnical adalah terkadang mereka terlalu asyik dan bersemangat bermain-main dengan instrument (technical) yang rumit sampai jari-jarinya mbundet (kusut), pokoknya yang penting rumit aja, sehingga jadi lupa membuat lagu yang bagus secara musikal (melodic). Cephalic Carnage nampaknya cukup mengerti hal itu, sehingga meskipun tidak 100% berhasil, setidaknya mereka juga memberikan sentuhan-sentuhan ringan di setiap lagunya, sehingga tidak melulu njlimet terus. Misalnya saja pada lagu G.lobal O.verhaul D.evice yang mengalir dalam tempo sedang, kalo disimak tempo dan nuansa lagu ini sekilas mengingatkan kita pada lagu-lagu milik band industrial grindcore dari inggris, Godflesh. Sementara di lagu The Omega Point terdapat jeda dalam nuansa jazz melalui dentuman-dentuman bass dalam riff yang unik.

Dalam kemasannya yang termasuk lux ini, album Xenosaien ini cukup unik, cover depannya dapat diganti-ganti sesuai selera, antara gambar bayi alien yang berpelukan dengan monyet, dapat diganti dengan gambar kepala wanita yang berbadan ular. Selain diedarkan dalam format CD, album ini kabarnya juga diedarkan dalam format vinyl namun dalam jumlah terbatas, kabarnya dalam format vinyl ini hanya diedarkan sejumlah 1000 copy. Tidak kurang dari majalah-majalah berpengaruh di dunia metal, seperti Metal Hammer, Revolver, Decibel dan Kerrang memberikan apresiasi positif atas kerja keras anak-anak Cephalic Carnage di album ini.

Tracklist
01 Endless Cycle of Violence
02 Divination & Volition
03 Molting
04 Touched By An Angel
05 Vaporized
06 Heptarchy
07 G.lobal O.verhaul D.evice
08 Let Them Hate So Long As They Fear
09 The Omega Point
10 Megacosm of the Aquaphobics
11 Ov Vicissitude



Indogrindistro menyediakan beragam kaos metal import/lokal, CD import/lokal, Hoody import serta pernik-pernik asli/bukan bajakan, agar kamu kelihatan lebih percaya diri dan Metal! klik disini


Artikel yang Direkomendasikan oleh Pengunjung Lain:

LED ASTRAY, FARASU, THREE VICTIMS, DROSOPHILA, BEHEMOTH-DEMIGOD, DEICIDE, SPAWN OF POSSESSION, BLOODBATH, GRINDCORNER COMPILATION, SIKSA KUBUR INTERVIEW, CARA BUAT MYSPACE, DEATH VOMIT, DEATH VOMIT INTERVIEW, KAMPFAR, ANGTORIA, MORBIDDUST, SIKSA KUBUR-PODIUM, DARK TRANQUIILLITY-CHARACTER, DARK TRANQUIILLITY-FICTION, NILE-ITHYPHALLIC, JASAD-ANNIHILATED THE ENEMY, ERROR SAAT MENGUPLOAD GAMBAR, DISMEMBER, DISAVOWED, INDOGRIND, JASAD INTERVIEW, METALHEAD FUNDING SUPPORT, ABORTED, KEKAL INTERVIEW, DIMMU BORGIR, COPY PASTE, VITAL REMAINS, ATROCITIES 5 WAYS CD
Cephalic Carnage - Xenosapien Cephalic Carnage - Xenosapien Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 6:28 AM Rating: 5
Powered by Blogger.