Napalm Death - Harmony Corruption

NAPALM DEATH
Tittle : Harmony Corruption
Format : CD
Year : 1990
Release : Earache Record
Review : Corn
Rating : 10
Language: Indonesia




Ini dia salah satu album paling klasik yang sangat direkomendasikan untuk dimiliki para penggila musik metal. Sebuah karya maestro bermutu tinggi dari legenda musik grindcore dari Britania Raya, Napalm Death. Sebuah album yang merupakan "kiblat" dari band-band extrem metal di seantero jagat, karena banyak band (yang kemudian menjadi besar) yang secara langsung maupun tidak langsung, baik terang-terangan maupun remang-remang menjadikan album Harmony ini menjadi inspirasi mereka, meskipun sebagian diantaranya telah diramu menjadi warna-warna yang berbeda-beda, sebutlah diantaranya Phobia, Massacre, Dying Fetus, Blood Duster, Suffocation, Brutal Truth, Frightmare, dan masih banyak lagi.

Album Harmony Corruption adalah album (full-lenght) ke tiga Napalm Death dirilis tanggal 1 Agustus 1990 melalui Earache Record yang penggarapannya dilakukan di tempat keramat bagi band-band death metal/grindcore saat itu, Studio Morrisound, di Tampa, Florida. Dimana penggarapan album ini juga dipahat dan dielus oleh sang legenda produser Scott Burns. Wow, apalagi yang kurang?

Di album ini Napalm Death menciptakan aransemen musik yang kini dijadikan standard musik-musik death metal maupun grindcore bagi band-band generasi selanjutnya, yakni setelan nada gitar yang rendah di-tune D (di album Scum mereka tune di C#) dan vocal growling yang dalam (deep growl) dengan nada-nada groove yang mengasyikkan. Apabila kemudian band-band selanjutnya meramu hingga menjadi musik yang lebih rumit dan berbeda, namun mereka harus tetap berterima kasih kepada Napalm Death atas inspirasi yang mereka ciptakan. Meski di album-album selepasnya warna musik yang mereka mainkan menjadi berbeda, that’s not a big deal bro..!

Album ini sempat bercokol pada peringkat 67 daftar penjualan album di UK, bayangkan musik death metal masuk ke chartlist (wow!). Makanya tidak heran kalau sebagian kalangan menyebut bahwa album Harmony Coruption ini sebagai Reign in Blood-nya musik death metal/grindcore. Banyak lagu-lagu di album ini sangat menarik untuk disimak, diantaranya Malicious Intent, If the Truth be Known, Tha Chain that Bind Us, Unfit Earth dan tentu saja Suffer the Children (sebuah lagu yang sempat nge-hit dan sering di-cover banyak band-band metal lain, sangat jarang lagu dari grup death metal/grindcore bisa nge-hit seperti itu, tapi memang bagus banget kok lagu itu).

Satu lagi yang menarik, dalam lagu Unfit Earth mereka dibantu oleh dua pentolan death metal dimasa itu untuk seksi backing vocalnya, dia adalah si gila Glen Benton (Deicide) dan si dahsyat John Tardy (Obituary). Sementara untuk urusan musik rasa-rasanya tidak perlu dibicarakan lagi, karena melalui album Harmony ini mereka masih dalam formasi paling sempurna, Mark ”Barney” Greenway yang memulai debutnya di Napalm Death melalui album ini selepas dari band sebelumnya Benediction, duo gitaris: Jesse Pintado rela meninggalkan Terrorizer serta Mitch Haris sang pentolan Righteous Pig, Shane Embury bassis yang paling produktif menciptakan lagu di album ini, serta Mick Haris melalui tehnik Grinding atau Blasting Beat yang dia ciptakan menjadi inspirasi banyak drummer di dunia dewasa ini.

Nilai lebih dari Napalm Death adalah penulisan lirik lagu yang keren dan tidak asal-asalan. Lagu-lagu mereka rata-rata bertemakan masalah-masalah politik, sosial, kehidupan, kebobrokan dunia dan lain-lain. Beberapa kritisi musik menyebutkan bahwa album Harmony ini kurang mencerminkan jiwa Napalm Death yang sesungguhnya karena musiknya terlalu death metal dari pada grincore, tapi menurut saya kita nggak perlu mengkotak-kotakkan aliran musik. Inilah Napalm Death, inilah Harmony Corruption. Mari kita nikmati saja, dan akan terasa nikmatnya...Hmmm..


Tracklist
01 Vision Conquest – 2:42
02 If the Truth Be Known – 4:12
03 Inner Incineration – 2:57
04 Malicious Intent – 3:26
05 Unfit Earth – 5:03
06 Circle of Hypocrisy – 3:15
07 The Chains that Bind Us – 4:08
08 Mind Snare – 3:42
09 Extremity Retained – 2:01
10 Suffer the Children – 4:21
11 Hiding Behind – 5:15 (bonus track)



Indogrindistro menyediakan beragam kaos metal import/lokal, CD import/lokal, Hoody import serta pernik-pernik asli/bukan bajakan, agar kamu kelihatan lebih percaya diri dan Metal! klik disini


Artikel yang Direkomendasikan oleh Pengunjung Lain:

LED ASTRAY, FARASU, THREE VICTIMS, DROSOPHILA, BEHEMOTH-DEMIGOD, DEICIDE, SPAWN OF POSSESSION, BLOODBATH, GRINDCORNER COMPILATION, SIKSA KUBUR INTERVIEW, CARA BUAT MYSPACE, DEATH VOMIT, DEATH VOMIT INTERVIEW, KAMPFAR, ANGTORIA, MORBIDDUST, SIKSA KUBUR-PODIUM, DARK TRANQUIILLITY-CHARACTER, DARK TRANQUIILLITY-FICTION, NILE-ITHYPHALLIC, JASAD-ANNIHILATED THE ENEMY, ERROR SAAT MENGUPLOAD GAMBAR, DISMEMBER, DISAVOWED, INDOGRIND, JASAD INTERVIEW, METALHEAD FUNDING SUPPORT, ABORTED, KEKAL INTERVIEW, DIMMU BORGIR, COPY PASTE, VITAL REMAINS, ATROCITIES 5 WAYS CD
Napalm Death - Harmony Corruption Napalm Death - Harmony Corruption Reviewed by I Nyoman Sastrawan, SE on 9:19 AM Rating: 5
Powered by Blogger.